Advertisement

Dosen UMY Beri Pelatihan Masjid Ramah Disabilitas

Media Digital
Senin, 27 Maret 2023 - 09:57 WIB
Sunartono
Dosen UMY Beri Pelatihan Masjid Ramah Disabilitas Dosen UMY memberi pelatihan Masjid Ramah Disabilitas. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pelatihan terkait Masjid ramah disabilitas melalui program pengabdian masyarakat. Pelatihan yang digelar pada Sabtu (18/3/2023) itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengurus Masjid agar memberikan pelayanan secara proporsional kepada penyandang disabilitas.

Sejumlah dosen tersebut adalah Muhammad Zahrul Anam, Sidik Jatmika, Ahmad Ma’ruf, dan Miftahulhaq berasal dari program studi Hubungan Internasional, Ekonomi, dan Kedokteran. “Kegiatan pengabdian masyarakat di Masjid Al-Falah, Tamantirto, Kasihan, Bantul,” kata Muhammad Zahrul Anam dalam rilisnya Senin (27/3/2023).

Advertisement

Pada pengabdian ini, Zahrul dan Sidik menyampaikan rezim internasional, regulasi, serta asas aksesibilitas bagi kelompok berkebutuhan khusus. Ma’ruf memberikan pembekalan tentang advokasi difabel dan Miftah mendampingi peserta dalam melakukan asesmen perbaikan infrastruktur dan pengembangan SDM dalam meningkatkan pelayanan masjid bagi kelompok disabilitas.

Kegiatan ini tujuan untuk memberikan pelayanan kelompok disabilitas secara proporsional karena jumlah masjid yang ramah difabel di kawasan Tamantirto Utara masih sedikit. Sarana masjid yang perlu mendapat perhatian antara parkir, tempat wudu, toilet, dan tempat solat.

“Melalui pelatihan ini, masjid didorong agar menyediakan SDM memadai sebagai penerjemah bahasa isyarat,” kata Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Baliho Menjamur di Jalanan Sleman, Lurah Banyurejo Siap Maju di Pilkada 2024

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Siap-Siap! Ini Jadwal dan Cara Ikut War Tiket Konser Sheila on 7

Hiburan
| Kamis, 18 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement