Advertisement

KKN REG IT 120 UMY Bantu Digital Marketing UMKM di Bantul

Media Digital
Minggu, 31 Januari 2021 - 11:57 WIB
Nina Atmasari
KKN REG IT 120 UMY Bantu Digital Marketing UMKM di Bantul Program KKN-PPM UMY memberikan pendampingan UMKM di Bantul. - Ist/dok UMY

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler IT 120 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan program Pelatihan Digital Marketing bagi mitra KKN Reguler IT 120 yaitu UMKM Peyek Santoso dan UMKM Kripik Sagu Nayla di Imogiri Kabupaten Bantul.

Program Pengabdian Masyarakat Skema Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM berbasis IT ini diketuai oleh Adhianty Nurjanah yang sekaligus menjadi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kelompok KKN Reg IT 120.

Advertisement

Kelompok tersebut beranggotakan Dyah Mutiarin dan Sakir. Adapun tujuan dari Program KKN-PPM ini adalah memberdayakan UMKM Peyek Santoso, UMKM Kripik Sagu Nayla Imogiri serta Organisasi Sosial yaitu PKK di Kelurahan Triharjo Bantul.

Baca juga: Hati-Hati! Pemberitaan Media yang Tak Ramah Anak Bisa Dipidana

Kegiatan tersebut berupa pelatihan dan pendampingan sehingga UMKM dan Organisasi Sosial PKK di Bantul dapat tetap maju, mandiri dan berdaya di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan proses Forum Group Discussion (FGD) bersama mitra untuk menggali permasalahan dan kebutuhan mitra dan kemudian berdiskusi bersama untuk mencari solusi.

Adhianty Nurjanah menjelaskan Program Pengabdian Masyarakat Skema KKN PPM ini bertujuan untuk membantu memberdayakan UMKM dan Organisasi Sosial di Bantul.

"Sekaligus merupakan kontribusi nyata Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bagi pemberdayaan masyarakat khususnya di Bantul terutama di saat pandemi Covid-19," kata dosen Ilmu Komunikasi UMY tersebut, dalam rilisnya, Minggu (31/1/2021).

Baca juga: HUT ke 11, RSUD Prambanan Gelar Aksi Donor Darah

Hal ini dilakukan melalui rangkaian program kegiatan pelatihan dan pendampingan manajemen organisasi kelompok, pelatihan dan pendampingan pembukuan dan penghitungan rugi – laba.

Selain itu, juga diberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan digital marketing yang dilakukan secara online dan offline dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan bagi mitra KKN Reg IT 120 yaitu UMKM Peyek Santoso, UMKM Kripik Sagu Nayla Imogiri serta PKK di Kelurahan Triharjo.

Kustinah selaku pemilik UMKM Kriprik Santoso mengucapkan terima kasih kepada UMY karena adanya KKN UMY ini turut membantu UMKM Peyek Santoso untuk belajar pentingnya pemasaran digital dan membuka pengetahuan baru terkait promosi produk makanan menggunakan internet.

Hal senada juga disampaikan Heni, pemilik UMKM Kripik Sagu Nayla. "Adanya KKN UMY ini membantu dalam pembuatan promosi online melalui media sosial dan pembuatan merek / logo serta kemasan yang menarik bagi UMKM Kripik Sagu Nayla," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu Kristen Tak Terbatas, Tuhan Akan Angkat Kamu From Mess to Masterpiece!

Hiburan
| Jum'at, 19 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement