UMY Bantu Warga Dusun Sonyo Pahami Pentingnya Komunikasi Bencana

Program Pengabdian Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berkontribusi membantu masyarakat Dusun Sonyo memberikan pelatihan pentingnya komunikasi bencana berbasis komunitas, pada Sabtu (8/5/2021). - Ist/dok UMY
09 Mei 2021 12:05 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Ketika bencana alam terjadi, komunikasi bencana yang efektif sangat diperlukan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi korban jiwa. Dusun Sonyo Desa Jatimulyo Girimulyo Kulonprogo merupakan dusun yang rawan akan bencana tanah longsor terutama di saat musim penghujan.

Komunikasi dan kerjasama  yang melibatkan pemerintah desa setempat dengan tokoh masyarakat setempat seperti kepala dukuh, ketua RT, ketua RW serta karang taruna dan masyarakat terdampak sangat mendukung tercapainya komunikasi bencana yang efektif. Melalui program Pengabdian Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berkontribusi membantu masyarakat Dusun Sonyo memberikan pelatihan pentingnya komunikasi bencana berbasis komunitas, pada Sabtu (8/5/2021).

Program Pengabdian kepada Masyarakat yang diketuai oleh Adhianty Nurjanah dan beranggotakan Iswanto  dan Linda Kusumawati Wardana ini memberikan pelatihan pentingnya komunikasi bencana berbasis komunitas pada tokoh masyarakat (dukuh, RT, RW dan karangtaruna). Selain itu, juga mengadakan FGD terkait rancangan pembuatan alat deteksi dini tanah longsor di dusun tersebut.

Pada kesempatan itu juga UMY membantu masyarakat dusun Sonyo melalui pemberian hibah alat yang sangat dibutuhkan pada saat bencana tanah longsor seperti gergaji mesin, lampu senter serta alat pelindung diri (APD).

“Program pengabdian masyarakat ini merupakan kontribusi nyata UMY membantu masyarakat sehingga mampu berdaya dan mengatasi masalah pada saat menghadapi pra, saat, dan pasca terjadinya tanah longsor,” jelas Adhianty selaku dosen Ilmu Komunikasi sekaligus Ketua Pelaksana program PKM ini.

 Hadir pada saat pelatihan, kepala dukuh Sonyo Jatimulyo Suranto.  “Saya sangat mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengadian UMY karena telah peduli dan membantu masyarakat  Dusun Sonyo dan berharap program pengabdian ini bisa dilanjutkan di dusun kami berharap saat bencana tanah longsor terjadi masyarakat makin siap dan tidak ada lagi korban jiwa,” katanya.