Advertisement

UMY Bantu Warga Dusun Sonyo Pahami Pentingnya Komunikasi Bencana

Media Digital
Minggu, 09 Mei 2021 - 12:05 WIB
Nina Atmasari
UMY Bantu Warga Dusun Sonyo Pahami Pentingnya Komunikasi Bencana Program Pengabdian Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berkontribusi membantu masyarakat Dusun Sonyo memberikan pelatihan pentingnya komunikasi bencana berbasis komunitas, pada Sabtu (8/5/2021). - Ist/dok UMY

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Ketika bencana alam terjadi, komunikasi bencana yang efektif sangat diperlukan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi korban jiwa. Dusun Sonyo Desa Jatimulyo Girimulyo Kulonprogo merupakan dusun yang rawan akan bencana tanah longsor terutama di saat musim penghujan.

Komunikasi dan kerjasama  yang melibatkan pemerintah desa setempat dengan tokoh masyarakat setempat seperti kepala dukuh, ketua RT, ketua RW serta karang taruna dan masyarakat terdampak sangat mendukung tercapainya komunikasi bencana yang efektif. Melalui program Pengabdian Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berkontribusi membantu masyarakat Dusun Sonyo memberikan pelatihan pentingnya komunikasi bencana berbasis komunitas, pada Sabtu (8/5/2021).

Advertisement

Program Pengabdian kepada Masyarakat yang diketuai oleh Adhianty Nurjanah dan beranggotakan Iswanto  dan Linda Kusumawati Wardana ini memberikan pelatihan pentingnya komunikasi bencana berbasis komunitas pada tokoh masyarakat (dukuh, RT, RW dan karangtaruna). Selain itu, juga mengadakan FGD terkait rancangan pembuatan alat deteksi dini tanah longsor di dusun tersebut.

Pada kesempatan itu juga UMY membantu masyarakat dusun Sonyo melalui pemberian hibah alat yang sangat dibutuhkan pada saat bencana tanah longsor seperti gergaji mesin, lampu senter serta alat pelindung diri (APD).

“Program pengabdian masyarakat ini merupakan kontribusi nyata UMY membantu masyarakat sehingga mampu berdaya dan mengatasi masalah pada saat menghadapi pra, saat, dan pasca terjadinya tanah longsor,” jelas Adhianty selaku dosen Ilmu Komunikasi sekaligus Ketua Pelaksana program PKM ini.

 Hadir pada saat pelatihan, kepala dukuh Sonyo Jatimulyo Suranto.  “Saya sangat mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengadian UMY karena telah peduli dan membantu masyarakat  Dusun Sonyo dan berharap program pengabdian ini bisa dilanjutkan di dusun kami berharap saat bencana tanah longsor terjadi masyarakat makin siap dan tidak ada lagi korban jiwa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement