Advertisement

KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman

Media Digital
Kamis, 03 Februari 2022 - 17:57 WIB
Budi Cahyana
KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler 207 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan Workshop Motivasi Dalam Ber-UMKM di Padukuhan Ngijon, Sendangarum, Sleman, Rabu, 2 Februari 2022. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler 207 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan Workshop Motivasi Dalam Ber-UMKM di Padukuhan Ngijon, Sendangarum, Sleman, Rabu, 2 Februari 2022.

Motivasi dalam ber-UMKM sangat penting mengingat motivasi dapat membantu mempertahankan bisnis, mengembangkan karir, dan menyukseskan usaha masyarakat. Program KKN-PPM ini diketuai oleh Adhianty Nurjanah selaku dosen Ilmu Komunikasi UMY yang sekaligus menjadi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kelompok KKN Reguler 207 dan beranggotakan Sakir Ridho Wijaya selaku Dosen Ilmu Pemerintahan.

Advertisement

Pelaksanaan Workshop Motivasi dalam Ber-UMKM ini dihadiri 42 warga Ngijon dan disampaikan oleh Coach Noor Erwiyanto anggota International Coach Federation. Beliau menyampaikan potensi besar UMKM pada sektor oleh – oleh di Yogyakarta serta mengajak masyarakat Ngijon untuk menyadari potensi desa baik produk khas Ngijon maupun peluang desa wisata.

Lebih lanjut Coach Erwin menyampaikan adanya motivasi dalam berwirausaha akan mendorong munculnya perbuatan dan usaha baru dalam berbisnis, motivasi bisa mengarahkan pebisnis untuk fokus melakukan sesuatu yang akan membantu mereka mencapai tujuan, dan motivasi turut dapat menggerakkan organisasi dengan membentuk kader – kader demi keberlanjutan usaha yang sustainable.

Menurut Adhianty pelaksanaan workshop motivasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang usaha yang kemudian didayagunakan untuk menciptakan peluang kerja baru. 

“Melalui pelatihan ini saya berharap dapat memberikan dukungan dan meningkatkan semangat Warga khususnya pegiat UMKM untuk terus mengembangkan usaha dengan melihat potensi pasar dan peluang usaha,” jelas Adhianty.

Pelaksanaan program workshop ini merupakan hasil dari initial assessment melalui forum group discussion bersama warga padukuhan Ngijon, Sendangarum, Sleman. Menurut Amir selaku Kepala Padukuhan Ngijon menyampaikan bahwa masyarakat Ngijon memiliki potensi pada UMKM namun masih minim terkait motivasi dan mengetahui potensi pasar serta kurangnya pengalaman dalam digital marketing. 

Pelatihan ini turut dihadiri oleh Wiwik Retno Yulianti selaku Lurah Sendangarum, Sleman dan mengucapkan terima kasih kepada UMY karena adanya KKN UMY ini turut membantu UMKM di Ngijon untuk mendapatkan motivasi dalam Ber-UMKM.

Melalui pelaksanaan Workshop Motivasi dalam Ber-UMKM ini,  KKN-PPM 207 UMY telah memfasilitasi masyarakat Ngijon Sendangarum Sleman dalam peningkatan wawasan dalam berwirausaha guna adanya peningkatan strata ekonomi di tengah masyarakat Ngijon. (ADV)

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Benteng Vastenburg Solo Bergoncang

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Taylor Swift Rilis Lagu Baru Berjudul Carolina

Hiburan
| Senin, 27 Juni 2022, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement