Advertisement

KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman

Media Digital
Rabu, 02 Februari 2022 - 12:17 WIB
Budi Cahyana
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler 206 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pelatihan tata kelola pembukuan pada UMKM Kerti Aji serta masyarakat pegiat UMKM di daerah Toglengan pada 1 Februari 2022. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Sebuah bisnis kecil yang sedang berkembang memiliki kekuatan finansial sehat dapat diketahui melalui pembukuan. Pembukuan adalah sebuah proses yang  mengacu pada kegiatan pengorganisasian dan penyimpanan dokumen keuangan hingga laporan keuangan. Mengingat pentingnya mengorganisir finansial ini,  Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler 206 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pelatihan tata kelola pembukuan pada UMKM Kerti Aji serta masyarakat pegiat UMKM di daerah Toglengan pada 1 Februari 2022.

Pengabdian Masyarakat Skema Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM ini diketuai oleh Adhianty Nurjanah yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi UMY sekaligus menjadi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kelompok KKN Reg 206 dan beranggotakan Nano Prawoto Dosen Ilmu Ekonomi UMY.

Advertisement

Adhianty Nurjanah menjelaskan Program Pengabdian Masyarakat Skema KKN PPM ini bertujuan Pelaksanaan pengabdian ini memiliki tujuan untuk mendukung dan memberdayakan UMKM Kerti Aji dan UMKM di Toglengan

“Kegiatan ini untuk memberikan wawasan dalam pengelolaan pembukuan usaha agar lebih rapi dan memperhitungkan ekonomi secara jangka panjang. Kegiatan ini sekaligus merupakan kontribusi nyata Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan pemberdayaan masyarakat khususnya di Toglengan terutama di saat pandemi Covid-19," tutur dosen Ilmu Komunikasi UMY tersebut.

Pada pelaksanaan pelatihan pembukuan, materi disampaikan oleh Linda Kusumastuti Wardana, selaku dosen Vokasi UMY. Dalam materinya, Linda menyampaikan akan pentingnya pembukuan melalui manajemen organisasi, mengetahui sumber pengeluaran, memperhitungkan jasa dan hpp produk serta pembukuan untuk penghitungan laba dan rugi.

Wiwik Retno Yulianti selaku Lurah Sendangarum, Sleman mengucapkan terima kasih kepada UMY karena adanya KKN UMY ini turut membantu UMKM di Toglengan mendapatkan peningkatan pengetahuan khsusnya terkait tata Kelola pembukuan.

Hal senada juga disampaikan oleh Fitri, dukuh Toglengan yang sangat antusias menerima kehadiran mahasiswa KKN. "Adanya KKN UMY ini membantu masyarakat untuk belajar banyak hal terkait manajemen usaha dan menjadi wadah untuk berdiskusi UMKM di era sekarang," jelasnya.

Melalui program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) pada KKN Reguler UMY 206 ini menjadi solusi untuk kemajuan masyarakat agar semakin meningkat pengetahuan dan semakin berdaya yang ditunjukkan dengan sehatnya keuangan dan peminatan produk dari UMKM Toglengan. Program pelatihan pembukuan ini adalah bentuk solusi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk tetap melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal melakukan pengabdian kepada masyarakat. (ADV)

 

Advertisement

 

 

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perseroan Perorangan Ciptakan Kemudahan Berbisnis

Jogja
| Sabtu, 21 Mei 2022, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Sepeda Senja, Cara Olski Temani Pegowes Lalui Sore

Hiburan
| Sabtu, 21 Mei 2022, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement