KKN 120 UMY Bantu UMKM Manggleng dan Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler IT 120Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberdayakan mitra UMKM Manggleng Zafih agar semakin maju dan berkembang melalui kegiatan Digital Marketing dan hibah barang serta Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul. - Istimewa
24 September 2021 21:37 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pandemi Covid-19 membawa sejumlah masalah sosial hingga ekonomi. Hal ini tak luput pada turunnya produktivitas dan pendapatan UMKM. Menindaklanjuti masalah tersebut, Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler IT 120 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengambil peran untuk memberdayakan mitra UMKM Manggleng Zafih agar semakin maju dan berkembang melalui kegiatan Digital Marketing dan hibah barang serta Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul.

Pengabdian Skema Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM berbasis IT yang didampingi oleh Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos., M.Si selaku dosen pembimbing lapangan ini adalah solusi untuk menerapkan pemberdayaan masyarakat meskipun dalam keterbatasan pada saat pandemic sekaligus menjadi bekal untuk mahasiswa menerapkan keilmuannya kepada masyarakat.

 “Melalui KKN berbasis IT dan program pengabdian dengan pendekatan IT berupa pemasaran menggunakan WhatssApp, Instagram, dan Shopee ini nantinya akan memudahkan mitra untuk memasarkan produknya sehingga diharapkan akan semakin mengembangkan kemajuan UMKM Manggleng,” jelas Dr. Adhianty Nurjanah,M.Si.

Setelah satu bulan melaksanakan program KKN, kelompok KKN IT 120 pada hari Selasa, 12 September 2021 resmi dilakukan penarikan setelah berjalannya semua program pengabdian yang telah terlaksana. Selain memberikan pelatihan pengelolaan Digital Marketing melalui WhatssApp, Instagram dan Shopee, KKN-PPM 120 turut memberikan hibah barang berupa Packaging Produk untuk UMKM Manggleng Zafih sesuai dengan kebutuhan mitra dan melakukan Inisiasi Desa Wisata yang ada di Soka Bantul dan memberikan hibah barang seperti permainan engrang, ayunan, kursi, meja, tempat sampah dan semen.

Ibu Tugiyati selaku pemilik UMKM Manggleng Zafih turut menyampaikan bahwa pelatihan dan pemberian hibah sangat bermanfaat sekali. Begitu juga dengan Bapak Samijan selaku RT 02 Dusun Soka juga turut menyampaikan bahwa dengan adanya Inisiasi Desa Wisata dan hibah barang sangat bermanfaat sekali untuk kemajuan RT 02 Dusun Soka ini.

“Mahasiswa UMY khususnya kelompok KKN 120 sangat semangat sekali membantu dan memberikan inovasi pada UMKM Manggleng Zafih dan Inisiasi Desa Wisata. Ibu Tugiyati mengatakan “Saya sekarang sudah punya toko di WhatssApp, Instagram dan Shopee semoga kedepannya akan meningkatkan penjualan kembali setelah pandemic”, tambahnya.

Melalui program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) pada KKN IT UMY 120 ini menjadi solusi untuk kemajuan masyarakat agar semakin meningkatkan pengetahuan dan semakin berdaya yang ditunjukkan dengan UMKM semakin meningkat serta peningkatan pemesanan produk. Program pelatihan manajemen organisasi, pelatihan pembukuan, serta pelatihan digital marketing, dan pemberian hibah adalah bentuk solusi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk tetap melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal melakukan pengabdian kepada masyarakat. (ADV)