Jaringan Komputer di MI Muhammadiyah Pabelan Ditingkatkan

Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Pemberdayaan Jaringan Komputer dan Wireless di MI Muhammadiyah Pabelan. - Istimewa
19 September 2021 06:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, MAGELANG—Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Pemberdayaan Jaringan Komputer dan Wireless di MI Muhammadiyah Pabelan.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini digelar pada Maret hingga Juli 2021 di MI Muhammadiyah Pabelan 1 Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Dosen prodi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik UMY Laila Ma’rifatul Azizah mengatakan kegiatan diisi dengan membangun jaringan wireless pada sekolah MI dan juga jaringan komputer pada sekolah.

“Pembangunan topologi dimulai dengan dilakukannya konfigurasi dari wireless router sesuai dengan produk yang digunakan dan arahan dari buku manual yang tersedia pada kemasan perangkat dilanjutkan dengan instalasi perangkat di setiap kelas. Kemudian dilakukan testing sesuai dengan ruangan masing-masing kelas. Pemanfaatan Wireless dan jaringan ini sangat membantu sekolah terlebih saat pandemi seperti ini,” katanya.

Kepala sekolah merasa dengan adanya wifi di ruangan bisa membantu guru dan murid yang dekat dengan sekolah untuk bisa memenuhi kebutuhan sekolah dari rumah ataupun sekolah tatap muka terbatas nantinya. (ADV)