Advertisement

UMY Kaji Pengelolaan SPAM Berbasis Masyarakat di Dusun Plugon Kulonprogo

Media Digital
Minggu, 19 September 2021 - 05:27 WIB
Budi Cahyana
UMY Kaji Pengelolaan SPAM Berbasis Masyarakat di Dusun Plugon Kulonprogo Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Kajian Pengelolaan SPAM Berbasis Masyarakat di Dusun Plugon, Kulonprogo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Kajian Pengelolaan SPAM Berbasis Masyarakat di Dusun Plugon, Kulonprogo.

Dosen Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UMY Burhan Barid mengatakan kegiatan bertujuan mendampingi masyarakat pengelola spamdes, sehingga dapat mengelola lebih baik lagi.

Advertisement

“Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji sistem pengelolaan SPAMDes yang ada di Dusun Plugon, Kabupaten Kulonprogo. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui wawancara dan survey kuesioner kepada pengguna dan kelompok pengelola,” katanya.

Berdasarkan hasil kajian, diketahui bahwa kelompok pengelola SPAMDes telah melayani kebutuhan air warga dengan baik, tetapi perlu adanya prosedur yang jelas untuk kelancaran penyelenggaraan pelayanan air, terutama dalam hal perawatan dan penanganan kebocoran.

“Berdasarkan hasil kajian, diketahui bahwa kelompok pengelola SPAMDes telah melayani kebutuhan air warga dengan baik, tetapi perlu adanya prosedur yang jelas untuk kelancaran penyelenggaraan pelayanan air, terutama dalam hal perawatan dan penanganan kebocoran. Hasil kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Pemerintah yang melakukan pendampingan kelompok Pengelola SPAMDes,” kata dia. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Sopir Ngantuk, Dua Mobil Adu Banteng di Jalan Jogja-Wonosari hingga Ringsek

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Pihak Ryu Joon Yeol dan Han So Hee Akhirnya Mengakui Adanya Hubungan Kasih

Hiburan
| Sabtu, 16 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement