UMY Kaji Pengelolaan SPAM Berbasis Masyarakat di Dusun Plugon Kulonprogo

Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Kajian Pengelolaan SPAM Berbasis Masyarakat di Dusun Plugon, Kulonprogo. - Istimewa
19 September 2021 05:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Kajian Pengelolaan SPAM Berbasis Masyarakat di Dusun Plugon, Kulonprogo.

Dosen Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UMY Burhan Barid mengatakan kegiatan bertujuan mendampingi masyarakat pengelola spamdes, sehingga dapat mengelola lebih baik lagi.

“Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji sistem pengelolaan SPAMDes yang ada di Dusun Plugon, Kabupaten Kulonprogo. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui wawancara dan survey kuesioner kepada pengguna dan kelompok pengelola,” katanya.

Berdasarkan hasil kajian, diketahui bahwa kelompok pengelola SPAMDes telah melayani kebutuhan air warga dengan baik, tetapi perlu adanya prosedur yang jelas untuk kelancaran penyelenggaraan pelayanan air, terutama dalam hal perawatan dan penanganan kebocoran.

“Berdasarkan hasil kajian, diketahui bahwa kelompok pengelola SPAMDes telah melayani kebutuhan air warga dengan baik, tetapi perlu adanya prosedur yang jelas untuk kelancaran penyelenggaraan pelayanan air, terutama dalam hal perawatan dan penanganan kebocoran. Hasil kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Pemerintah yang melakukan pendampingan kelompok Pengelola SPAMDes,” kata dia. (ADV)