Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari Gamping Mendapat Pelatihan Personal Hygiene dan Batik Ecoprint

Peningkatan Kesehatan dan Kemandirian Ekonomi Santri melalui Pelatihan Personal Hygiene dan Batik Ecoprint. - Istimewa
19 September 2021 03:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Peningkatan Kesehatan dan Kemandirian Ekonomi Santri melalui Pelatihan Personal Hygiene dan Batik Ecoprint.

Pelatihan tersebut digelar di Pondok dan Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari, Gamping, dan diikuti pembina serta  santri pondok PPA Abu Dzar Al Ghifari.

Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, Dr. Lisa Musharyanti, S.Kep,Ns,M.Med.Ed mengatakan kegiatan bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang personal higiene santri dan memberikan bekal keterampilan pembuatan ecoprint agar dapat mandiri dalam ekonomi.

“Kegiatan diawali dengan pembukaan dan sambutan, baik dari tim pengabdian UMY dan pengurus PPA ABu Dzar Al Ghifari. Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan tentang personal higiene khususnya hand higiene atau cuci tangan dengan benar. Acara dilanjutkan dengan pelatihan disertai praktek secara berkelompok dalam membuat ecoprint, dipandu oleh lima pelatih dari EcoJ,” katanya.

Peserta sangat senang mendapat pengetahuan baru tentang cuci tangan yang benar terutama di masa pandemi ini karena dapat emnecgah penularan penyakit. Peserta juga antusias saat praktek membuat karya ecoprint dan mengetahui hasil motif kain ecoprint yang sangat cantik dan bernilai ekonomi. (ADV)