Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Sadari

Pelatihan Sadari sebagai Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara di Nasyiatul Ambarketawang. - Istimewa
19 September 2021 01:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa Pelatihan Sadari sebagai Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara di Nasyiatul Ambarketawang.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini digelar di Kelurahan Ambarketawang, Gamping Sleman pada 27 Maret 2021 dan diikuti remaja serta anggota Nasyiatul Aisyiyah Ambarketawang.

Ketua Program Kemitraan Masyarakat (PKM) sekaligus dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, Dr. Lisa Musharyanti, S.Kep,Ns,M.Med.Ed mengatakan tujuan program ini untuk memberikan pengetahuan tentang penyakit kanker payudara dan cara deteksi dini dengan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari).

“Kegiatan dilakukan dengan platform Zoom secara online. Diberikan dua materi oleh dua pembicara, materi pertama mengenal penyakit kanker payudara dengan media PPT, sedangkan materi kedua tentang cara melakukan Sadari dengan pemutaran video,” katanya.

Peserta menyampaikan bahwa materi penyuluhan sangat bermanfaat dan dapat disebarluaskan dengan pembagian booklet kepada peserta. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan peserta tentang penyakit payudara, pencegahan dan deteksi dininya dengan cara Sadari. (ADV)