Advertisement

Orang dengan Skizofrenia Dilatih Menggunakan Game dalam Aplikasi Android

Media Digital
Sabtu, 18 September 2021 - 12:17 WIB
Budi Cahyana
Orang dengan Skizofrenia Dilatih Menggunakan Game dalam Aplikasi Android Pelatihan Remidiasi Kognitif pada Orang dengan Skizofrenia Menggunakan Game Aplikasi Android. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Shanti Wardaningsih, S.Kp, M.Kep, Sp.Jiwa, Ph.D, dan Dr. dr. Warih Andan Puspitosari, M.Sc, Sp.KJ(K), dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Pelatihan Remidiasi Kognitif pada Orang dengan Skizofrenia Menggunakan Game Aplikasi Android.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di Yayasan Lentera Harmoni Jiwa di dusun Kembaran, Tamantirto, Kasihan, Bantul. Peserta adalah pasien skizofrenia serta pendamping Yayasan Lentera Harmoni Jiwa.

Shanti Wardaningsih, S.Kp, M.Kep, Sp.Jiwa, Ph.D mengatakan kegiatan yang dilaksanakan dalam pelatihan adalah ceramah dan praktek menggunakan game dalam aplikasi android.

“Penurunan fungsi kognitif merupakan salah satu hambatan dalam aktivitas rehabilitasi ODS. Remidiasi kognitif dapat memperbaiki fungsi memori, perhatian, konsentrasi, kemampuan pemecahan masalah, serta pemprosesan informasi lain, sehingga keterampilan sosial, kemandirian, dan vokasional ODS meningkat,” katanya.

Pelatihan penggunaan aplikasi game remidiasi kognitif berbasis android dilatihkan kepada ODS agar dapat melakukan secara intensif di rumah masing-masing dan dievaluasi oleh pengurus yayasan.

“Pelatihan ini sangat membantu dalam meningkatkan kognitif Orang Dengan Skizofrenia sehingga dapat membantu ODS untuk pemulihan,” tambahnya. (ADV)

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UMKM Didorong Miliki Produk Penuhi Standar SNI

Jogja
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Pecah di Surabaya dan Bogor, Westlife Siap Ajak Pelanggan Setia IndiHome Nyanyi Bareng di Jogja 

Hiburan
| Jum'at, 30 September 2022, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement