Pembuatan dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen TKA-TPA Al-Iman Kalibayem

Prodi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di TKA-TPA Al-Iman Kalibayem. - Istimewa
18 September 2021 02:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Prodi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di TKA-TPA Al-Iman Kalibayem. TKA-TPA Al-Iman beralamat di Jl. Wates Km. 3, Kalibayem RT 08 Dk. IX Sonopakis Lor Ngestiharjo di Kasihan, Bantul. Kegiatan ini berlangsung selama bulan Februari sampai dengan Agustus 2021.

“Tujuan dari Pengabdian ini adalah untuk Pembuatan dan Implementasi Sistem Informasi (SI) Manajemen TKA-TPA Al-Iman Kalibayem,” jelas Asroni, ketua tim Pengabdian pada hari Jumat (13/8/2021).

Asroni menambahkan bahwa target dari Pengabdian ini adalah untuk pengembangan Generasi Muda Islami melalui pengembangan Manajemen Pengelolaan TKA-TPA yang lebih baik dan berbasis IT, apalagi di saat ini banyak Lembaga Pendidikan membutuhkan bantuan agar mampu berkembang. Proses Pengabdian juga dibantu oleh Arditya Nur Rokhim mahasiswa semester Akhir, sebagai Programmer Aplikasi SI TKA-TPA.

Ada beberapa mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan Pengabdian yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di UMY yang membantu pelaksanaan. Pengabdian ini adalah bagian dari implementasi catur darma perguruan tinggi UMY secara nyata di bidang pengabdian di masa pandemi.

Hasil dari Pengabdian adalah berhasil membuatkan konten untuk manajamen sistem informasi TKA-TPA plus pendampingan. Selain itu tim Pengabdian juga berhasil meningkatkan kemampuan manajemen keuangan TKA-TPA dengan memanfaatkan SI ini.

Kepala Divisi Pengabdian LP3M UMY Dr. Aris Slamet Widodo, S.P, M.Sc menyebutkan bahwa Pengabdian UMY di masa pandemi memang berbeda dengan di masa normal. “Program Pengabdian UMY diarahkan untuk membantu UMKM yang terdampak pandemi. Ini merupakan wujud nyata dari catur darma UMY, terutama dalam aspek pengabdian,” ujarnya.

Aris menambahkan bahwa program ini mendapat respon positif dari masyarakat. (ADV)