Pembinaan Life Skill Santri PA Ahmad Dahlan Kokap Melalui Budidaya Ikan Lele

Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dilaksanakan bersama mahasiswa KKN UMY dibawah bimbingan Sudarisman, Ph.D. Program ini dimaksudkan untuk memberdayakan santri Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap, Kulonprogo melalui pembekalan ketrampilan hidup (life skill) berupa usaha budidaya ikan lele. - Istimewa
01 September 2021 14:52 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dilaksanakan bersama mahasiswa KKN UMY dibawah bimbingan Sudarisman, Ph.D.  Program ini dimaksudkan untuk memberdayakan santri Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap, Kulonprogo melalui pembekalan ketrampilan hidup (life skill) berupa usaha budidaya ikan lele.

Di samping itu, bidudaya lele tersebut juga berupa sumber pendapatan tetap Panti Asuhan.

Kolam ikan terbuat dari bahan lembaran kombinasi polietilena dan poliuretan yang lebih dikenal sebagai terpal. Sedangkan tiang penahan dan batang penguat dinding dibuat menurut prinsip optimasi rancangan struktur, sehingga pemakaian materialnya menjadi lebih hemat dengan tetap mempertahankan kekuatannya. Agar masa panen tidak terkonsentrasi pada satu waktu sehingga penjualan hasilnya lebih mudah, maka kolam ikan dibuat kecil sebanyak 3 buah, masing-masing berukuran 2x3 meter persegi.

Bibit ikan yang ditebar berukuran panjang sekitar 4-6 cm, sehingga masa pembesarannya memerlukan waktu sekitar 3 bulan. Panen pertama sudah terlaksana pada pertengahan Mei lalu. Kini sedang dipersiapkan periode kedua karena air relatif sulit akibat kemarau. Selama masa pembesaran sampai dengan panen, para santri sangat antusias dalam memberi makan, memonitor kondisi air dan menggantinya, serta monitoring perkembangan ikan.

Hasil panen ketiga kolam dengan tiga waktu yang berbeda diperoleh keuntungan bersih sekitar Rp600.000 dari modal sekitar Rp3 juta termasuk penyusutan nilai kolam. Selain itu, para santri juga memiliki pemahaman dan ketrampilan dalam hal budidaya ikan lele. Pimpinan Panti Asuhan, bapak Juremi, mengucapkan terima kasih atas kerja sama ini, dan berharap dapat terus berlanjut di waktu mendatang dengan bentuk program yang berbeda. (ADV)