Advertisement

Warga Daratan 3 Minggir Dilatih Tingkatkan Kebugaran Jasmani

Media Digital
Rabu, 01 September 2021 - 13:22 WIB
Budi Cahyana
Warga Daratan 3 Minggir Dilatih Tingkatkan Kebugaran Jasmani Peningkatan Kebugaran Jasmani melalui Pemberian Materi Fisiologi Olahraga. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan dosen pembimbing Ikhlas Muhammad Jenie, dosen Prodi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan mengadakan kegiatan bertema Peningkatan Kebugaran Jasmani melalui Pemberian Materi Fisiologi Olahraga.

Program pengabdian kepada masyarakat itu diadakan di Dusun Daratan 3, Kalurahan Sendangarum, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, dan diikuti 40 orang lansia dan kader posyandu.

Advertisement

“Tujuan kegiatan ini adalah mengetahui respon tubuh terhadap aktivitas fisik dan olahraga, mengetahui manfaat aktivitas fisik dan olahraga, serta kebugaran jasmani,” kata Ikhlas.

Tim UMY mendampingi masyarakat sasaran dan kader posyandu dalam usaha meningkatkan kebugaran jasmani melalui olahraga senam bersama secara rutin satu minggu sekali, diikuti dengan pemeriksaan skreening kesehatan lansia satu bulan sekali.

“Bapak Ibu lansia melaksanakan senam dengan penuh semangat dan giat, meskipun (mungkin) hanya menggerak-gerakkan atau memutar tangan; yang muda-muda jangan ketinggalan,” kata Kepala Dusun Daratan 3.

Aktivitas fisik dan olahraga memberikan beban secara fisiologi kepada sistem otot, jantung dan sirkulasi darah, serta respirasi. Aktivitas fisik dan olahraga yang dilaksanakan secara rutin/teratur dapat meningkatkan kapasitas jantung dan paruparu, sehingga akan menunjuang ke arah peningkatan kerja syaraf dan kebugaran jasmani. Olahraga yang dilaksanakan secara bersama-sama juga akan membawa kegembiraan, sehingga akan memberikan dampak positif terhadap sistem imun orang tersebut.  (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement