Masjid Muhammadiyah Se-DIY Direvitalisasi

Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan kolaborasi dalam program Pengabdian Masyarakat berbasis Persyarikatan Muhammadiyah untuk merevitalisasi masjid dan mushola Muhammadiyah se DIY. - Istimewa
27 Agustus 2021 13:57 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Masjid dan musala merupakan bagian terpenting dalam pengembangan dakwah persyarikatan Muhammadiyah. Masjid dan musala tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah harian tetapi juga merupakan institusi yang bisa menyatukan umat, baik dalam bidang agama, pendidikan, sosial, politik, ekonomi dan lainnya.

Berkaitan dengan hal ini, Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan kolaborasi dalam program Pengabdian Masyarakat berbasis Persyarikatan Muhammadiyah untuk merevitalisasi masjid dan mushola Muhammadiyah se DIY.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari pelatihan dan pendampingan kepada takmir masjid dan mushola Muhammadiyah se-DIY. Kemudian ialah pemberian hibah alat yang dapat mendukung revitalisasi masjid dan mushola Muhammadiyah se-DIY.

Program pengabdian ini dilakukan di 5 lokasi DIY yaitu Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul, Kulon Progo, Sleman, Gunung Kidul, dan Kota Jogja.

Untuk agenda pemberian hibah alat dilaksanakan selama 2 hari. Hari pertama yaitu Kamis (26/08), di 3 titik yaitu Bantul, Kulonprogo, dan Sleman. Untuk penyerahan hibah kedua dilaksanakan hari selanjutnya, Jumat (27/08), di 2 titik tersisa yaitu Gunung Kidul dan Kota Jogja. Barang yang dihibahkan berupa buku dan prasasti tanda nama masjid yang bersangkutan. Buku yang diberikan berupa buku khutbah dan tuntutan sholat.

Program pengabdian masyarakat ini berbasis kolaborasi dengan persyarikatan Muhammadiyah. Lembaga Muhammadiyah yang terlibat dalam pengabdian ini yaitu LPCR, Majelis Wakaf, Majelis Tabligh Muhammadiyah, dan Majelis Tarjih.

Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat UMY, Dr. Ir. Gatot Supangkat, M.P, IPM, mengucapkan terima kasih atas kerja samanya. Harapannya agar hibah ini bermanfaat kepada jama’ah Masjid Muhammadiyah di DIY. Dr. Adhianty Nurjanah S.Sos, M.Si selaku Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat LPM UMY mengungkapkan bahwa program Pengabdian Masyarakat Kolaboratif berbasis persyarikatan Muhammadiyah menjadi program rutin LPM UMY. “Program ini rutin dilaksanakan LPM UMY dalam rangka ikut membantu memberdayakan persyarikatan Muhammadiyah khususnya masjid Muhammadiyah se DIY, agar bisa menjadi sarana dakwah Muhammadiyah yang berkemajuan” ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan bukti nyata bahwa meski pandemi Covid-19 UMY melalui LPM UMY tetap menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk merevitalisasi masjid dan mushola Muhammadiyah se DIY. Meski diagendakan secara offline, LPM dan segenap pihak yang terlibat tetap melaksanakan protokol kesehatan. (ADV)