Pemahaman Kader Kesehatan Mengenai Manajemen Laktasi Ditingkatkan

Peningkatan pemahaman kader kesehatan terhadap ASI dan manajemen Laktasi. - Istimewa
26 Agustus 2021 16:57 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Hidayatul Kurniawati, dosen Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Peningkatan pemahaman kader kesehatan terhadap ASI dan manajemen Laktasi.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlangsung secara online menggunakan media zoom meeting, 6 agustus 2021 dan diikuti 23 kader kesehatan Kelurahan Wirobrajan

“Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman kader kesehatan mengenai ASI dan menyusui serta manajemen laktasi,” kata Hidayatul.

Bekerjasama dengan RS AMC Muhammadiyah, kegiatan dilakukan secara daring menggunakan media zoom meeting pada hari Jum'at 6 agustus 2021 mengingat masih dalam kondisi pandemi dan kasus di Yogyakarta mengalami kenaikan yang signifikan. kegiatan diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan pretes, pemaparan materi. Materi pertama mengenai Manfaat ASI dan Menyusui disampaikan oleh dr. Hidayatul Kurniawati, M.Sc (dosen prodi pendidikan dokter dan konselor laktasi RS AMC Muhammadiyah) dan materi kedua mengenai manajemen laktasi oleh dr. Mita Wulansari ( direktur pelayanan medis dan konselor laktasi RS AMC Muhammadiyah). Setelah selesai dilakukan postes untuk mengetahui pemahaman para peserta terhadap materi yang diberikan.

“Para kader mengapresiasi kegiatan tersebut karena sangat bermanfaat ntuk mengedukasi para ibu hamil dan ibu menyusui. mereka berharap kegiatan seperti itu bisa dilakukan lagi dengan topik lain yang dapat diaplikasikan oleh kader kesehatan. Para kader antusias mendengarkan dan mengikuti kegiatan sampai selesai,” ujar Hidayatul. (ADV)