Warga Guyangan Gamping Dilatih Cegah dan Tangani Cedera Luka Bakar

Upaya Peningkatan Pengetahuan Pencegahan dan Penanganan Cedera Luka Bakar. - Istimewa
11 Agustus 2021 16:42 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—dr. Nicko Rachmanio, Sp.B, dosen  PSPD FKIK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadkan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berjudul Upaya Peningkatan Pengetahuan Pencegahan dan Penanganan Cedera Luka Bakar.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlangsung di Guyangan, Nogotirto, Gamping, Sleman, pada tanggal 4 Juli 2021 dan diikuti 14 warga  Desa Guyangan

Pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Upaya Peningkatan Pengetahuan Pencegahan dan Penanganan Cidera Luka Bakar” dilaksanakan pada hari Minggu 04 Juli 2021pada pukul 14:00-15:30 WIB. Metode yang digunakan melalui seminar online via Zoom meeting kepada masyarakat di kampung Guyangan, Nogotirto, Gamping, Sleman. Materi yang diberikan berupa materi pengetahuan tentang pencegahan cidera luka bakar dan penanganannya yang didahului dengan melakukan pretest untuk mengukur pengetahuan responden sebelum diadakan seminar dan posttest di akhir kegiatan setelah mendapatkan perlakuan berupa seminar. Bentuk pretest dan posttest menggunakan kuesioner. Kegiatan ini diikuti oleh 14 orang dengan menggunakan media online. Bentuk kegiatan pengabdian disesuaikan dengan situasi yang ada, dimana tidak memungkinkannya dilakukan kegiatan dengan berkumpul seperti kegiatan pengabdian masyarakat pada umumnya.

Selanjutnya hasil pretest dan posttest dihitung menggunakan metode Paired T Test. Hasil evaluasi peserta menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil pretest sebagian besar responden mempunyai pengetahuan tentang pencegahan dan penanganan luka bakar dalam kategori kurang, yaitu 10 responden (71,4%), kategori cukup 4 responden (28,6%) dan tidak ada yang masuk dalam kategori baik. Hasil posttest diperoleh 10 responden kategori baik (71,4%), kategori cukup sebanyak 4 responden (28,6%) dan tidak ada yang termasuk dalam kategori kurang . Uji test didapatkan nilai 0,001 (p < 0,05), sehingga H0 ditolak, sehingga disimpulkan ada perbedaan pengetahuan tentang pencegahan dan penanganan luka bakar antara sebelum dan sesudah kegiatan. Selain kegiatan diatas juga dilakukan penyerahan emergensi kit luka bakar, buku panduan penatalaksanaan luka bakar dan APAR kepada masyarakat yang diwakili oleh Bp. Eka Denny Saputra, ST., selaku ketua RT.03 Guyangan.

Eka Denny Saputra, ST., Ketua RT.03 Guyangan berkatam,”Kegiatan pengabdian masyarakat yang kesekian kali oleh dokter/tenaga pendidik dari UMY di lingkungan desa Guyangan, masyarakat sangat berterimakasih karena memberikan manfaat terutama menambah ilmu pengetahuan khususnya di bidang kesehatan, semoga dapat berlanjut di masa yang akan datang.”

Kegiatan berjalan lancar, masyarakat mendapat manfaat berupa ilmu pengetahuan mengenai penatalaksanaan luka bakar, meskipun tatap muka langsung tidak memungkinkan dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 pada saat kegiatan sedang meningkat. (ADV)