Pelatihan Pola Asuh Ibu pada Sekolah Ibu’ Bunda Sholihah’ Digelar untuk Tingkatkan Kualitas Pengasuhan

Meningkatkan Kualitas Pengasuhan Melalui Pelatihan Pola Asuh Ibu pada Sekolah Ibu' Bunda Sholihah'. - Istimewa
11 Agustus 2021 13:57 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Dr. dr. Warih Andan Puspitosari, M.Sc., Sp.KJ(K), dosen Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Meningkatkan Kualitas Pengasuhan Melalui Pelatihan Pola Asuh Ibu pada Sekolah Ibu’ Bunda Sholihah’

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini berlangsung di Sekolah Bunda Shalihah Dusun Kembaran Rt 03 Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Target kegiatan ini adalah melatih pola asuh anak kepada para ibu pengurus dan anggota Sekolah Ibu “Bunda Sholihah”. Pengurus dan anggota yang telah mendapatkan pelatihan dapat mengaplikasikan hasil pelatihan untuk melakukan pola asuh yang efektif dalam mengasuhan anak dalam kehidupan sehari-hari.  Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pemberian materi/edukasi kepada pengurus dan anggota, yang diberikan oleh ahli kesehatan jiwa sebagai narasumber.

“Peserta kegiatan adalah pengurus dan anggota Sekolah Ibu “Bunda Sholihah” sebanyak 30 orang. Peserta dipilih yang memiliki anak usia hingga 12 tahun yang merupakan masa tumbuh kembang yang pesat pada anak,” kata Warih.

Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan yang diberikan oleh narasumber ahli di bidang kesehatan jiwa. Pelatihan dilaksanakan dengan metode daring dikarenakan kondisi pandemi. Kegiatan dimulai dengan penyusunan modul oleh tim pengabdian. Modul terdiri dari 2 bagian yaitu tentang pola asuh dan perkembangan anak.

Modul akan disampaikan oleh narasumber secara daring melalui zoom  bentuk power point dan video pembelajaran. Pelatihan dibuat interaktif dengan peserta dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Pelatihan dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan selama 2 jam setiap pertemuan. Peserta akan dinilai pengetahuan dan keterampilan managemen stres sebelum pelaksanaan pelatihan dan melakukan evaluasi setelah selesai pelatihan. Pelatihan sangat bermanfaat untuk orang tua, di masa saat ini. bagaimana mendampingi anak saat menggunakan gedget. (ADV)