Advertisement

Karang Taruna Kendangan Dilibatkan untuk Cegah Stroke

Media Digital
Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:57 WIB
Budi Cahyana
Karang Taruna Kendangan Dilibatkan untuk Cegah Stroke Program Karang Taruna Cegah Stroke (Kucek) di Dusun Kendangan, Caturharjo, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dua dosen Prodi Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Romdzati, S.Kep., Ns., MNS dan Erfin Firmawati, S.Kep., Ns., MNS, mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Program Karang Taruna Cegah Stroke (Kucek) di Dusun Kendangan, Caturharjo, Sleman.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlangsung lewat Zoom Meeting, pada 24 Juli 2021 dan diikuti sembilan anggota Karangtaruna.

Advertisement

“Tujuan pengabdian kepada masyarakan ini adalah melibatkan generasi muda (karangtaruna) sehingga dapat meningkatan pengetahuan dan ketrampilan terkait deteksi dan manajemen faktor resiko stroke,” kata Romdzati.

Kegiatan dilaksanakan dengan pelatihan secara virtual melalui Zoom Meeting, diawali dan diakhiri dengan mengerjakan soal pretest serta post tes. Pemateri (Erfin Firmawati, S.Kep., Ns., MNS) menyampaian berbagai hal berkaitan dengan stroke, mulai dari definisi, faktor risiko, penyebab, klasifikasi, tanda dan gejala, termasuk juga pencegahan dan penanganan.

Kegiatan ini bermanfaat, dapat meningkatkan pengetahuan generasi muda tentang stroke, terbukti dari skor rata-rata pengisian soal pretest dan posttest terdapat peningkatan dari 81,11 menjadi 91,25. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement