Karang Taruna Kendangan Dilibatkan untuk Cegah Stroke

Program Karang Taruna Cegah Stroke (Kucek) di Dusun Kendangan, Caturharjo, Sleman. - Istimewa
11 Agustus 2021 10:57 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Dua dosen Prodi Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Romdzati, S.Kep., Ns., MNS dan Erfin Firmawati, S.Kep., Ns., MNS, mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Program Karang Taruna Cegah Stroke (Kucek) di Dusun Kendangan, Caturharjo, Sleman.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlangsung lewat Zoom Meeting, pada 24 Juli 2021 dan diikuti sembilan anggota Karangtaruna.

“Tujuan pengabdian kepada masyarakan ini adalah melibatkan generasi muda (karangtaruna) sehingga dapat meningkatan pengetahuan dan ketrampilan terkait deteksi dan manajemen faktor resiko stroke,” kata Romdzati.

Kegiatan dilaksanakan dengan pelatihan secara virtual melalui Zoom Meeting, diawali dan diakhiri dengan mengerjakan soal pretest serta post tes. Pemateri (Erfin Firmawati, S.Kep., Ns., MNS) menyampaian berbagai hal berkaitan dengan stroke, mulai dari definisi, faktor risiko, penyebab, klasifikasi, tanda dan gejala, termasuk juga pencegahan dan penanganan.

Kegiatan ini bermanfaat, dapat meningkatkan pengetahuan generasi muda tentang stroke, terbukti dari skor rata-rata pengisian soal pretest dan posttest terdapat peningkatan dari 81,11 menjadi 91,25. (ADV)