Aromaterapi Penting untuk Manajemen Stres Selama Pandemi

Pembuatan aromaterapi dalam manajemen stres selama pandemi. - Istimewa
11 Agustus 2021 06:37 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pandemi Covid-19 ternyata telah berdampak  pada berbagai aspek kehidupan manusia. Kegiatan masyarakat yang awalnya normal berubah menjadi serba virtual. Hal tersebut ternyata juga berimbas pada tingkat stres seseorang.

Kondisi ini mendorong apt. Vella Lailli Damarwati., M.Farm, dosen Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pelatihan pembuatan aromaterapi dalam manajemen stres selama pandemi.

Kegiatan ini dilakukan atas kerjasama Prodi Farmasi UMY dengan Nasyiatul Aisyiyah Moyudan melalui Zoom pada Minggu, 4 Juli 2021. Dalam kegiatan ini peserta diberikan 2 materi yang  disampaikan oleh narasumber yang ahli di bidangnya yaitu apt. Rahmad A.Hi Wahid., M.Farm yang berbicara tentang pengenalan aromaterapi serta pemanfaatannya. Dan  Sisilia Warassari , Owner Natural Skincare Madre dan Penggiat Eco Soap yang memberikan materi terkait cara pembuatan sediaan aromaterapi lilin dan sabun.  Lilin dan sabun aromaterapi adalah Lilin atau sabun yang dicampur dengan kemurnian sari inti tanaman yang memiliki aroma untuk meningkatkan Kesehatan dan psikologis.

“Peserta cukup antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Hal ini terbukti dari banyaknya peserta yang aktif bertanya dalam sesi diskusi. Kegiatan ini juga diawali dengan pretest dan diakhiri dengan post test untuk mengukur tingkat pengetahuan dan pemahaman peserta,” kata Vella. (ADV)