Tim Pengabdian  Masyarakat UMY Luncurkan Alat Robot Aromaterapi untuk Terapi Anosmia 

Robot Aroma Terapi
03 Agustus 2021 19:37 WIB Pengabdian UMY Share :

Hariajogja.com,SLEMA-Dalam menghadapi pandemi Covid-19, tim pengabdian masyarakat menginisiasi pembuatan robot aroma terapi untuk membantu mitra masjid dalam terapi anosmia dan covid di masjid. Seperti amanat yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Tim difokuskan pada menyebarkan aroma terapi di masjid. Pada tanggal 10 Juni 2021, Tim melakukan kerjasama dengan Mitra Masjid Masjid Baiturrahman dengan takmir masjid bapak Zudi Amrozi di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Robot ini bertujuan untuk membantu memberikan aromaterapi pada ruangan tempat ibadah sholat dengan menggunakan robot aromaterapi. Penggunaan alat ini juga terhubung dengan smartphone, sehingga dapat dikendalikan jarak jauh dan aman penggunaannya. Implementasi pemasangan alat ini diketuai oleh Bapak Assist.Prof., Dr., Ir., Iswanto., S.T., M.Eng., IPM, selaku dosen Teknik Elektro dan Program Profesi Insiyur UMY dan Tim Alat pembuatan pemakan ikan otomatis berbasis IoT yang terdiri dari Adhianty Nurjanah, Dr., S.Sos.,M.Si (Komunikasi UMY) ahli dibidang komunikasi, Nia Maharani Raharja., S.T., M.Eng (UIN Sunan Kalijaga Yogya) pembuatan instrumentasi, Alfian Maarif., S.T., M.Eng (UAD) pembuatan program kendali, Dr. Ir. Gatot Supangkat, MS, IPM. (Fakultas Pertanian UMY) tanaman terapi, Dhiya Uddin Rijalusalam., S.T (Alumni UMY) Pembuatan sistem elektronik. Secara lebih luas, program ini juga mendukung sterilisasi tempat ibadah dalam pencegahan menularnya virus corona.

Robot ini mengalami permasalahan dalam rangkaian elektronik humindifier untuk menyebarkan aroma terapi yakni terbakar saaat melakukan uji coba di masjid pada hari pertama. Keberlanjutan dari program ini robot baru diperbaiki untuk dibelikan sistem elektronik yang komponennya membeli dari alibaba.com. Karena Virus covid delta ini sangat ganas, proses pembelian barang jadi tertunda. Setelah barang dating, robot diserahkan ke mitra masjid sekitar bulan Oktober karena covid varian delta sudah mereda.(ADV)