Advertisement

Dukung UMKM Petani Ikan di Masa Pandemi, KKN IT UMY 106 Luncurkan Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis

Media Digital
Selasa, 03 Agustus 2021 - 20:37 WIB
Budi Cahyana
Dukung UMKM Petani Ikan di Masa Pandemi, KKN IT UMY 106 Luncurkan Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Proses Pemasangan Alat Pemberi pakan ikan di Artaka Fish Far.

Advertisement

Hariajogja.com,JOGJA--Dalam menghadapi pandemi Covid-19, KKN IT UMY inisiasi pembuatan alat pakan ikan ototmatis untuk membantu mitra UMKM dalam produksi petani ikan lele.

Seperti amanat yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, KKN IT UMY difokuskan pada pemberdayaan ekonomi UMKM dan Organisasi Sosial masyarakat (ORSOSMAS). Pada tanggal 14 Mei 2021, kelompok KKN IT 106 melakukan kerjasama dengan UMKM Petani ikan Artaka Fish Farm milik bapak Asdi Dwi Artaka di Dusun Karang, Trimulyo, Sleman.

Advertisement

Pemasangan alat ini bertujuan untuk membantu  Asdi, selaku pengelola UMKM petani ikan lele, untuk memberi pakan ikan dengan lebih merata dan lebih akurat. Penggunaan alat ini juga terhubung dengan smartphone, sehingga pengelola dapat mengatur jadwal pemberi pakan ikan dan mengetahui lebih dini apabila terjadi permasalahan yang tidak diinginkan pada alat seperti pakan habis. Implementasi pemasangan alat ini dibimbing oleh Bapak Assist.Prof., Dr., Ir., Iswanto., S.T., M.Eng., IPM, selaku dosen Teknik Elektro dan Program Profesi Insiyur UMY sekaligus dosen pembimbing lapangan KKN IT UMY Kelompok 106 dan Tim Alat pembuatan pemakan ikan otomatis berbasis IoT yang terdiri dari Adhianty Nurjanah, Dr., S.Sos.,M.Si (Komunikasi UMY) ahli dibidang komunikasi, Nia Maharani Raharja., S.T., M.Eng (UIN Sunan Kalijaga Yogya) pembuatan instrumentasi, Alfian Maarif., S.T., M.Eng (UAD) pembuatan program kendali, Barbara Gunawan, SE, M.Si., Ak., CA., CRA. (Vokasi Akuntansi UMY) pemasaran, Dhiya Uddin Rijalusalam., S.T (Alumni UMY) Pembuatan sistem elektronik. Secara lebih luas, program ini juga mendukung pemilik UMKM petani ikan dalam pemeliharaan dan menghasilkan ikan dengan berat yang sama dengan pemanfaatan teknologi yang memudahkan pekerjaan.

Keberlanjutan dari program ini adalah memperluas pasar UMKM petani ikan dengan penggunaan teknologi dalam proses produksinya dan didukung oleh edukasi serta sosialisasi penggunaan media sosial dalam penerapan digital marketing oleh mitra UMKM. Sosialisasi tersebut berupa edukasi tentang cara penggunaan media sosial, cara melakukan promosi di media sosial dan pembuatan foto produk, stiker dan sarana lainnya sebagai branding produk yang menunjang proses pemasaran.(ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Catat! Ini Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement