Advertisement

Bantu UMKM Mitra Sarana Energi di Masa Pandemi, Tim Pengabdian Masyarakat UMY Luncurkan Alat Monitoring Biogas

Media Digital
Senin, 02 Agustus 2021 - 14:47 WIB
Sunartono
Bantu UMKM Mitra Sarana Energi di Masa Pandemi, Tim Pengabdian Masyarakat UMY Luncurkan Alat Monitoring Biogas Proses Pemasangan Alat Monitoring biogas di Mitra Sarana Energi. - ist.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Tim pengabdian masyarakat menginisiasi pembuatan alat monitoing biodigester untuk membantu mitra UMKM Mitra Sarana Energi dalam produksi biogas. Hal ini sejalan dengan amanat yang diberikan oleh UMY, bahwa tim difokuskan pada pemberdayaan ekonomi UMKM Mitra Sarana Energi.

Pada tanggal 20 April 2021, Tim melakukan kerjasama dengan UMKM Mitra Sarana Energi milik bapak Suyono di Desa Minggir, Sendangagung, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Advertisement

Dosen Teknik Elektro dan Program Profesi Insiyur UMY Assist.Prof., Dr., Ir., Iswanto., S.T., M.Eng., mengatakan pemasangan alat ini bertujuan untuk membantu pengelola UMKM Mitra Sarana Energi, untuk memonitoring produksi biogas lebih akurat.

“Penggunaan alat ini juga terhubung dengan smartphone, sehingga pengelola dapat memonitoirng biogas dan mengetahui lebih dini apabila terjadi permasalahan yang tidak diinginkan pada alat seperti kadar biogas habis,” ujarnya.

Implementasi pemasangan alat ini diketuai oleh Bapak IPM, selaku dan  Tim Alat pembuatan pemakan ikan otomatis berbasis IoT yang terdiri dari Adhianty Nurjanah, Dr., S.Sos.,M.Si (Komunikasi UMY) ahli dibidang komunikasi, Nia Maharani Raharja., S.T., M.Eng (UIN Sunan Kalijaga Yogya) pembuatan instrumentasi, Alfian Maarif., S.T., M.Eng (UAD) pembuatan program kendali, Dr., Muhammad Heri Zulfiar., S.T., M.Eng. (Teknik Sipil UMY) pemasangan, Dhiya Uddin Rijalusalam., S.T (Alumni UMY). Kemudian

pembuatan sistem elektronik. Secara lebih luas, program ini juga mendukung pemilik UMKM Mitra Sarana Energi dalam pemeliharaan dan menghasilkan ikan dengan berat yang sama dengan pemanfaatan teknologi yang memudahkan pekerjaan.

embuatan sistem elektronik. Secara lebih luas, program ini juga mendukung pemilik UMKM Mitra Sarana Energi dalam pemeliharaan dan menghasilkan ikan dengan berat yang sama dengan pemanfaatan teknologi yang memudahkan pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Pemda DIY Bahas Rencana Berikan Insentif Ternak Mati karena Antraks

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

The Stories Season 4: The Last Chapter Siap Mengudara di Ramadan 2024

Hiburan
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement