Optimalisasi Digital Marketing di Masa Pandemi menjadi Solusi Dosen UMY dalam Mendampingi Edupark Polengan

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang diketuai oleh Linda Kusumastuti W, S.Pd., M.Sc. melakukan pendampingan dengan tujuan mengenalkan Edupark Polengan ke pangsa pasar yang lebih luas. - Istimewa
31 Juli 2021 19:47 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, MAGELANG—Polengan Edupark merupakan salah satu unit usaha Bumdes Polengan yang bergerak dalam bidang pariwisata beralamatkan di Desa Polengan Srumbung Magelang Jawa Tengah.

Banyak edukasi yang ditawarkan melalui wisata edupark ini, salah satunya adalah outbound yang bertujuan untuk mengasah softskill. Disamping itu, ada berbagai wahana yang ditawarkan sebagai sarana penyegaran pengunjung seperti perahu bebek kayuh dan tempat bermain anak.

Namun saat ini terutama ketika Pandemi covid, pengunjung yang datang sangat berkurang, terlebih tempat wisata belum cukup dikenal, promosi sudah dilakukan melalui Instagram namun konten yang ditampilkan masih kurang menarik.

Melihat potensi dan permasalahan tersebut maka tim pengabdian dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang diketuai oleh Linda Kusumastuti W, S.Pd., M.Sc.  melakukan pendampingan dengan tujuan mengenalkan Edupark Polengan ke pangsa pasar yang lebih luas. Beberapa program yang dilaksanakan adalah pendampingan pembuatan konten media sosial yang menarik dan  branding melalui berbagai bauran metode digital marketing seperti melalui iklan Instagram dan Facebook.

“Modal dan potensi yang dimiliki oleh Polengan Edupark sangat bagus, maka dari itu sangat disayangkan jika masyarakat lokal utamanya belum mengetahu keberadaan tempat wisata edukasi ini. Untuk mengefektifkan kegiatan promosi terutama di masa pandemi seperti ini, salah satunya melalui pemanfaatan media sosial secara maksimal. Kemasan promosi secara daring melalui video dan foto yang menarik dikombinasikan dengan iklan digital terbukti dapat meraih pangsa pasar yang lebih luas,” tutur Linda.

Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos, M.Si. selaku tim pengabdian menambahkan, “Kualitas konten media sosial juga menjadi salah satu pertimbangan calon pelanggan untuk melakukan keputusan membeli atau tidak. Oleh karena itu, kami juga mengadakan pendampingan dalam pembuatan konten foto dan video sederhana dan menarik. Kami memanfaatkan aplikasi editing video sederhana yang sudah tersedia di platform android. Selain itu, berbagai aplikasi editing foto yang mudah dan praktis namun hasilnya menakjubkan juga sudah banyak tersedia, kita hanya menjembatani pemanfaatannya supaya terserap maksimal.” (ADV)