Advertisement

Efektivitas Digital Marketing dan Rebranding Produk UMKM menjadi Fokus Pengabdian Dosen UMY

Media Digital
Sabtu, 31 Juli 2021 - 21:37 WIB
Budi Cahyana
Efektivitas Digital Marketing dan Rebranding Produk UMKM menjadi Fokus Pengabdian Dosen UMY tim pengabdian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang dipimpin oleh Linda Kusumastuti Wardana, S.Pd., M.Sc. memberikan pendampingan kepada UMKM Telur Asin Rizqi melalui beberapa terobosan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sejak tahun 2018, Telur Asin Rizqi yang beralamatkan di Guwosari Pajangan Bantul, melakukan produksi 2 kali dalam 1 minggu dengan rata-rata setiap produksi adalah 1.500 butir. Quality control sudah berjalan dengan baik, mulai dari pemilihan telur sampai dengan proses produksi. Tidak dipungkiri, di masa pandemi covid 19 pendapatan  sangat berkurang drastis. Terlebih lagi, untuk pengiriman produk luar kota masih memiliki beberapa kelemahan, banyak produk yang rusak dalam pengiriman.

Melihat permasalahan tersebut, tim pengabdian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang dipimpin oleh Linda Kusumastuti Wardana, S.Pd., M.Sc. memberikan pendampingan kepada UMKM Telur Asin Rizqi melalui beberapa terobosan. Mulai dari menambah variasi produk, efektivitas pemasaran digital, branding produk dengan menggunakan display yang menarik perhatian, dan packaging.

Advertisement

“Pandemi sangat berdampak pada semua lini kehidupan terutama dalam segi ekonomi, dan yang paling berdampak adalah usaha kecil dan mikro. Permasalahan yang dihadapi UMKM Telur Asin Rizqi ini juga banyak dihadapi oleh UMKM lain, yaitu turunnya pendapatan di masa pandemi. Beberapa terobosan yang kami dampingi adalah dengan pemanfaatan media sosial dan market place secara optimal, mulai dari pembuatan video produk, redesain logo dan merk dagang, dan foto produk yang lebih menarik,” ungkap Linda.

“Eksekusi program pengabdian ini juga bekerja sama dengan mahasiswa melalui program KKN-PPM. Disamping mahasiswa dapat menyalurkan potensi dan skill, mereka juga dapat belajar merespon masalah yang dihadapi masyarakat sesuai dengan bidang ilmu masing-masing,” tutup Linda. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

The Stories Season 4: The Last Chapter Siap Mengudara di Ramadan 2024

Hiburan
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement