Advertisement

Media Sosial Jadi Sarana Etalase UMKM Produk Kulit Manding Bantul

Media Digital
Sabtu, 31 Juli 2021 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Media Sosial Jadi Sarana Etalase UMKM Produk Kulit Manding Bantul kelompok KKN 187 UMY tahun 2021 bermitra dengan UMKM Pengrajin kulit Sepatuku milik bapak Aris, selain toko Sepatuku, kelompok 187 juga bermitra dengan Fatimah Handicraf pengrajin asesoris dari bahan kulit. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Sentra industri kulit di Manding sangat terdampak pandemi Covid-19, hal ini diutarakan Aris Purnama pemilik toko Sepatuku yang memproduksi beragam jenis sepatu kulit.

Menurut Aris, semenjak pandemi, sangat jarang tamu dating langsung untuk mencari dan mencoba beragam jenis sepatu yang ada di tokonya. Toko Sepatuku bertahan dengan mengerjakan orderan sepatu seragam para pelanggan lama.

Advertisement

Program Pengabdian KKN-PPM Universitas Muhamadiyah Yogyakarta semenjak pandemi Covid-19 terjadi berfokus pada pengembangan UMKM, hal ini menginisiasi kelompok KKN 187 UMY tahun 2021 bermitra dengan UMKM Pengrajin kulit Sepatuku milik bapak Aris, selain toko Sepatuku, kelompok 187 juga bermitra dengan Fatimah Handicraf pengrajin asesoris dari bahan kulit.

Wahyu Nursehan mahasiswa ilmu Hukum UMY sebagai ketua kelompok KKN memiliki inisiatif untuk mulai mengenalkan media sosial sebagai etalase produk kerajinan, dan mengenalkan marketplace sebagai sarana transaksi jual beli produk kulit.

"Penjualan produk secara online dan pembuatan pengiklanan produk secara online diharapkan dapat mendapatkan meningkatkan daya jual dan memperluas konsumen untuk produk UMKM Fatimah Handicraft dan UMKM Sepatuku," ujar Rela Adi Himarosa, S.T., M.Eng. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

The Stories Season 4: The Last Chapter Siap Mengudara di Ramadan 2024

Hiburan
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement