Advertisement

KKN UMY Kuatkan Daya Saing Ibu-Ibu PKK di Tengah Pandemi

Media Digital
Sabtu, 31 Juli 2021 - 08:37 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Kuatkan Daya Saing Ibu-Ibu PKK di Tengah Pandemi Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang dibimbing Dr. Dimas Bagus Wiranatakusuma, SE., M.Ec. dosen Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengadakan kegiatan bertema Penguatan Daya Saing Ibu-Ibu PKK di Tengah Pandemi: Kasus Ibu PKK Desa Tempel. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang dibimbing Dr. Dimas Bagus Wiranatakusuma, SE., M.Ec. dosen Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengadakan kegiatan bertema Penguatan Daya Saing Ibu-Ibu PKK di Tengah Pandemi: Kasus Ibu PKK Desa Tempel.

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) berlangsung di Lumbungrejo, Tempel.

Advertisement

“Tujuan kegiatan adalah memberikan pemahaman terkait pengelolaan dan peran social media, memberikan pemahaman dalam memaksimalkan pengelolaan keuangan keluarga, memberikan pemahaman dalam mengatur manajemen resiko dalam keluarga, dan memberikan pemahaman dalam mengatur dan Menyiapkan dana Pendidikan,” kata Dimas.

Kegiatan ini terbagi ke dalam 2 program, yakni program pokok dan program bantu. Program pokok yang dilaksanakan selama kegiatan KKNIT 034 yang bertujuam untuk (1) memenuhi kebutuhan yang di prioritaskan di Ormas PKK Sedogan. Kegiatan utama ini dilakukan berdasarkan untuk pendampingan dan pemberdayaan Ormas PKK Sedogan. Serta saran dari Bapak 

Dimas Bagus Wiranatakusuma, Dr. , S.E., M.Ec., CIB., CRM., CRP selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dilihat dari potensi Ormas PKK Sedogan yang kebutal masih banyak Ibu-Ibu muda yang bergabung dalam  PKK.

Target dari kegiatan ini yaitu mampu memaksimalkan sosial media dengan baik terkhusus yang dipakai buat rapat online seperti zoom meeting dan Google Meet. Awalnya kami melakukan Sosialiasi dan Pelatihan cara penggunaan Zoom dan pengenalan anggota KKNIT UMY 034, dan menyampaikan program  KKN yang  beberapa materi yang telah disampaikan

Para peserta sangat antusias dan semangat mengikuti program, terutama terkait skill mengelola aplikasi zoom dan share manajemen keuangan keluarga di tengah pandemik dengan menggunakan aplikasi keuangan.

Dalam pelaksanaan kegiatan KKNIT Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Organisasi Masyarakat PKK Sedogan telah dilaksanakan program pokok di antaranya:

  • Pemberian Materi tentang mengatur keuangan Keluarga.
  • Mengelola Keuangan Keluarga , Membahas tentang beberapa aspek Siklus kehidupan dan keuangan, Mandiri Finansial , Jurus mengelola Penghasilan , Laporan Keuangan Keluarga, Dan Rasio keuangan.
  • Manajemen Risiko dalam Keluarga , Membahas tentang beberapa aspek yaitu tentang asset dan resiko, Assuransi Jiwa, Nilai Ekonomis Manusia, Assuransi Kesehatan, Assuransi Kerugian, Unit Link , Pemilihan perusahaan asuransi.
  • Pengelolaan Hutang, Membaas tentang beberapa aspek yaiyu Mengatasi Defisit keuangan, Perencaan Kas , Tujuan Hutang, Sisi positif hutang, Jenis- Jenis hutang, Mengendalikan dan tips hurang, Cara pembayaran hutang, Kredit kendaraan dan rumah, Tips keluar dari hutang.
  • Menyiapkan dana Pendidikan , Menyampaikan materi tentang bagaimana cara mengatur dana Pendidikan untuk anak agar terstrukur dari awal hingga akhir masa sekolah.
  • Mengelola Masa Pensiun , Membahas beberapa aspek materi meliputi Masa pension , mengatur keuangan di masa pensiun , Persiapan di masa tua, mengatur keuangan sebelum menginjak masa pension atau masa tua.
  • Acara Webinar Kuliah tamu KKN IT 034 bersama ibu-Ibu  PKK sedogan dengan materi “Mengetahui cara dan tips, perencanaan keuangan dalam keluarga dengan adanya  Peluang Investasi” dengan Pemilihan instrumen investasi, menjelaskan bagaimana cara memilih investasi yang baik serta cara atau proses berinvestasi di Indonesia dan risiko dan imbal hasil dalam berinvestasi di masa pandemi skarang.
  • Program Terakhir dengan mengadakan sosialiasi dan pelatihan kepada Orsos PKK Sedogan dengan tema “PRAKTIK PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA MELALUI APLIKASI DUITPEDIA YANG DI PANDU LANGSUNG OLEH DPL KELOMPOK KKN 034" yang sudah terlaksana dengan baik dan melatih secara langsung ibu- Ibu PKK dalam menggunakan aplikasi DuitPedia tersebut. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Zona Lama TPA Banyuroto Dirancang Jadi RTH, Zona Baru Bisa Tampung Sampah 5 Tahun ke Depan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Orang Terdekat Mengantarkan Kepergian Park Bo Ram

Hiburan
| Rabu, 17 April 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement