Advertisement

KKN UMY Berdayakan Wisata Air dan Peningkatan BUMDes pada Wisata Janti Park

Media Digital
Sabtu, 31 Juli 2021 - 05:37 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Berdayakan Wisata Air dan Peningkatan BUMDes pada Wisata Janti Park Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang dibimbing Nursetiawan, Ph.D, dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik mengadakan kegiatan bertema Pemberdayaan Wisata Air dan Peningkatan Bumdes Pada Wisata Janti Park Era Pandemi Covid-19. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang dibimbing Nursetiawan, Ph.D, dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik mengadakan kegiatan bertema Pemberdayaan Wisata Air dan Peningkatan Bumdes Pada Wisata Janti Park Era Pandemi Covid-19.

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) berlangsung di Desa Janti Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Waktu kegiatan dilaksanakan pada Februari sampai dengan Mei 2021 dan melibatkan Bumdes Janti Jaya, Desa Janti, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Advertisement

“Tujuan kegiatan adalah meningkatkan kapasitas  Badan Usaha Milik Desa, khususnya dalam mengelola unit usaha Janti Park dan meningkatan daya tarik pengunjung pariwisata terutama pada masa pandemic Covid-19 yang menyebabkan turunnya pendapatan,” kata Nursetiawan.

Kegiatan pengabdian terlaksana dengan sangat baik, sebagaimana kegiatan BUMDes Janti Jaya berpartisipasi pada pengelolaan Media Sosial agar BUMDes lebih kreatif dalam membuat inovasi ide kreatif konten, berdiskusi terkait slogan menarik sebagai ciri khas dalam “Janti Park” yang dijalankan BUMDes, penerapan protocol kesehatan yang berlaku di Janti Park saat pandemic Covid-19, pelatihan konsep keuangan dan mengelola keuangan, serta pelatihan konsep keadministrasian, dan kegiatan terakhir mendesain logo dan tiket masuk yang menarik untuk Janti Park.

Pihak mitra memberikan tanggapan yang sangat baik atas terlaksananya kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini yang berkerjasama dengan pelaksanaan Program KKN UMY. Pihak mitra mengharapkan ada tindak lanjut kegiatan yang lain dalam hal meningkatkan kapasitas Bumdes dalam menjalankan unit-unit usaha yang ada ke arah yang lebih maju.

Kegiatan program pengabdian ini merupakan inovasi pemberdayaan wisata dan peningkatan BUMDES pada wisata Janti Park dengan program kerja yaitu tempat pariwisata. Secara garis besar program kerja pengabdian terlaksana dengan baik, di antaranya.

  1. BUMDes membuat inovasi terbaru dalam menciptakan desain kreatif, inovatif dalam mengembangkan tempat wisata Janti Park yang dikelola sebagai daya tarik wisatawan.
  2. BUMDes Janti Jaya berpartisipasi dalam pendampingan dan dapat mengelola Media Sosial menjadi lebih kreatif dengan membuat konten-konten Media Sosial agar menarik wisawatan untuk berkunjung ke wisata Janti Park.
  3. Terlaksananya sistem pelatihan administrasi dasar dan keuangan kepada BUMDes. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 25 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

The Tortured Poets Departement, Album Baru Taylor Swift Melampaui 1 Miliar Streaming di Spotify

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement