Advertisement

UMY Merintis Tempat Layanan Terapi Infra-merah dengan Dukungan Alat Cek Kesehatan Dasar

Media Digital
Sabtu, 31 Juli 2021 - 01:37 WIB
Budi Cahyana
UMY Merintis Tempat Layanan Terapi Infra-merah dengan Dukungan Alat Cek Kesehatan Dasar Meilia Safitri, S.T., M.Eng., dosen Program Studi Teknologi Elektromedis Program Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Merintis Tempat Layanan Terapi Infra-merah dengan Dukungan Alat Cek Kesehatan Dasar di Dusun Wanujoyo Lor Desa Srimartani, Piyungan, Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Meilia Safitri, S.T., M.Eng., dosen Program Studi Teknologi Elektromedis Program Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Merintis Tempat Layanan Terapi Infra-merah dengan Dukungan Alat Cek Kesehatan Dasar di Dusun Wanujoyo Lor Desa Srimartani, Piyungan, Bantul.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini diikuti 10 warga Dusun Wanujoyo Lor RT 01, Desa Srimartani Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul.

Advertisement

“Tujuan PKM ini adalah menyediakan tempat layanan terapi infra merah dengan dukungan alat cek kesehatan dasar guna meningkatkan pemahaman warga dusun Wanujoyo  Lor RT 01 desa Srimartani, Piyungan, Bantul dalam hal menjaga dan memelihara kesehatan terutama dalam hal penanganan rasa nyeri, membuat mereka rutin mengkonsumsi obat-obatan di pasaran. Selain itu, dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran warga terhadap pentingnya pemeriksaan rutin terhadap kesehatan pribadi seperti pemeriksaan kadar oksigen dalam darah, tekanan darah, serta berat badan guna mencegah bertambah parahnya suatu penyakit,” kata Meilia.

Tim UMY memberikan penyuluhan mengenai bagaimana penanganan rasa nyeri tanpa menggunakan obat-obatan melainkan dengan mengguna terapi infra-merah serta melakukan pendampingan kepada kader di RT 01 mengenai cara penggunaan alat terapi infra merah pada bagian yang nyeri atau cedera. Kemudian memberikan penyuluhan mengenai pentingnya pemeriksaan kesehatan mandiri secara rutin kepada warga dan menyediakan tempat layanan terapi infra merah dengan dukungan alat cek kesehatan dasar yang dapat diakses warga secara gratis.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga, sekarang warga dapat mengakses terapi inframerah dengan mudah dan dengan dukungan alat cek kesehatan dasar warga dapat dengan rutin mengecek kesehatan pribadi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini disambut baik dan antusias oleh warga RT 01 Dusun Wanujoyo Lor Desa Srimartani. Kegiatan ini berjalan lancar tanpa ada kendala berarti. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

The Stories Season 4: The Last Chapter Siap Mengudara di Ramadan 2024

Hiburan
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement