Advertisement

PPL Mukti Mulia Mendapat Pendampingan dari Tim Pengabdian UMY untuk Pavingisasi Area Panggung dan Perencanaan Pembangunan Pondok Inap

Media Digital
Jum'at, 30 Juli 2021 - 16:57 WIB
Budi Cahyana
PPL Mukti Mulia Mendapat Pendampingan dari Tim Pengabdian UMY untuk Pavingisasi Area Panggung dan Perencanaan Pembangunan Pondok Inap Dua orang dosen UMY kembali mendampingi Pesantren Pemberdayaan Lansia (PPL) Mukti Mulia (MM) yang beralamat di Bakungan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, setelah tahun sebelumnya sukses mendampingi PPL tersebut dalam pavingisasi halaman dan penataan drainase. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dua orang dosen UMY kembali mendampingi Pesantren Pemberdayaan Lansia (PPL) Mukti Mulia (MM) yang beralamat di Bakungan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, setelah tahun sebelumnya sukses mendampingi PPL tersebut dalam pavingisasi halaman dan penataan drainase.

Kedua dosen tersebut adalah Ir. Wahyu Widodo, M.T. dari Prodi Teknik Sipil dan Dr. Ir Sudarja, M.T., IPM. dari Prodi Teknik Mesin.

Advertisement

Program yang mereka usung ada dua, yaitu penyiapan area panggung dilanjutkan dengan pavingisasi dan pendampingan persiapan pembangunan pondok inap atau sering disebut Pondok Mukti Mulia Dua. Pimpinan PPL MM, H. Teguh Wiyono, memberikan informasi bahwa PPL MM selain membina kelompok lansia yang beranggotakan sekitar 160 orang juga mengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mukti Mulia. Lebih lanjut H. Teguh Wiyono menyatakan bahwa keberadaan area panggung dan panggung portable mutlak diperlukan untuk acara pengajian, instruktur senam, dan pentas anak-anak PAUD.

Ketua tim pengabdian, Wahyu Widodo, menjelaskan bahwa pavingisasi area panggung dilaksanakan dengan urutan pekerjaan: pengurugan area sampai mencapai ketinggian 40 cm dari halaman PPL, perataan, pemberian alas paving yaitu pasir yang sudah disaring, pemasangan paving block, pengolotan, dan pengancingan bagian pinggir.

Paving block yang digunakan adalah paving block pres bentuk segi empat 20 cm x 10 cm x 5 cm. Pekerjaan di lapangan dipantau langsung oleh pimpinan PPL dan anggota pengabdi. Dokumentasi kegiatan berupa foto dan video disiapkan oleh anggota pengabdi, yaitu Sudarja.

Dalam hal perencanaan pembangunan pondok inap, tim pengabdian melakukan peninjauan lapangan, audiensi dengan panitia pembangunan, pengadaan gambar bangunan 2D dan 3D. Di samping itu, tim juga memberikan pengetahuan tentang bangunan tahan gempa.

Pak Teguh selaku pimpinan PPL MM menucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada tim pengabdian UMY serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan UMY. Di samping itu, beliau mohon agar pendampingan ini berlanjut sampai pembangunan pondok inap tersebut selesai. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 27 April 2024: Hujan Sedang di Siang Hari

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement