Advertisement

UMY Optimalisasi Kinerja BUMDES Mekaring Pono Potorono dengan Penggunaan Website

Media Digital
Jum'at, 30 Juli 2021 - 13:57 WIB
Budi Cahyana
UMY Optimalisasi Kinerja BUMDES Mekaring Pono Potorono dengan Penggunaan Website Optimalisasi Kinerja BUMDES Mekaring Pono Potorono dengan Penggunaan Website untuk Penguatan Branding dan Marketing Berbasis Tekonologi Informasi guna Mewujudkan Bumdes yang Tangguh dan Masyarakat Potorono yang Sejahtera. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rizal Yaya, dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Optimalisasi Kinerja BUMDES Mekaring Pono Potorono dengan Penggunaan Website untuk Penguatan Branding dan Marketing Berbasis Tekonologi Informasi guna Mewujudkan Bumdes yang Tangguh dan Masyarakat Potorono yang Sejahtera.

PKM berlangsung di Bumdes Potorono dari Maret sampai dengan Jui 2021 dan diikuti 50 pengelola dan mitra Bumdes Potorono.

Advertisement

BUMDes Mekaring Pono Potorono pada 27 Januari 2021 yang lalu bersedia menjadi Mitra Pelaksanaan Program Pengabdian Pada Masyarakat yang dilakukan oleh Tim dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang diketuai oleh Prof. Rizal Yaya, S.E., M.Sc., Ph.D., Ak., CA., CRP. Pengabdian Masyarakat ini bejudul “Optimalisasi Kinerja BUMDes Mekaring Pono Potorono dengan Penggunaan Website untuk Penguatan Branding dan Marketing Berbasis Teknologi Informasi guna Mewujudkan BUMdes yang Tangguh dan Masyarakat Potorono yang Sejahtera”.

Proses Pengabdian Masyarakat ini berjalan selama 8 bulan dimulai dari Januari 2021 sampai dengan Agustus 2021, yang mana selama Proses Pengabdian Masyarakat ini sudah membuat Website Resmi milik BUMDes Mekaring Pono Potorono yaitu Potorono.id. dikatakan oleh Prof. Rizal Yaya, S.E., M.Sc., Ph.D., Ak., CA., CRP.  “Kita Desainkan dalam program ini Website Potorono.id yaitu memuat berbagai kegiatan,berbagai produk dari Desa Potorono, dan juga Potensi-potensinya, ini adalah sumbangan kita kepada masyarakat sehingga harapannya Desa Potorono bisa mengkomunikasikan potensinya kepada masyarakat luar sehingga produknya makin laku, kemudian wisatanya semakin banyak yang berkunjung,” kata Rizal Yaya.

Saat ini Website Potorono.id sudah berjalan dan aktif dalam memberikan informasi kepada Masyarakt luas, mulai dari Unit Usaha BUMdes, Kegiatan dan Agenda yang dilakukan oleh BUMdes serta Iklan jual beli untuk Masyarakat juga ada di Website ini. Saat ini jumlah pengunjung Website Potorno.id sudah semakin meningkat. “Masyarakat ini juga bukan hanya masyarakat  lokal, masyarakat luar negeri pun bisa melihat, kemarin kita melihat di data  ada warga Amerika, Inggris dan lain sabagainya itu melihat. Betapa pentingnya Website yang dibuat oleh Prof. Rizal bersama Tim dalam pendampingan Bumdes Potorono ini. Mudah-mudahan kami harapkan kerjasama ini tidak hanya cukup sampai disini, bisa berkesinambungan mungkin dengan tema-tema yang lain,” ucap Sutardi selaku Ketua BUMDes Mekaring Pono Potorono saat ini.

Melihat antusiasme pengunjung di website Potorono.id menggambarkan bahwa Branding dan Marketing melalui website sangatlah penting untuk menjangkau wisatawan domestic maupun internasional, adanya website diharapkan dapat menginformasikan serta memunculkan antusiasme masyarakat untuk berkunjung ke-BUMDes Mekaring Pono Potorono. Website juga sangat membantu terutama untuk menghadapi perkembangan zaman,inisiasi yang dilakukan oleh  Prof. Rizal Yaya, S.E., M.Sc., Ph.D., Ak., CA., CRP. dan Tim sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan Kinerja BUMDes Mekaring Pono Potorono.

Adanya website telah membuat BUMDES Potorono dikenal luas tidak hanya di Kabupaten tapi juga di tingkat Provinsi dan nasional yang memberikan kemudahan untuk akses kerjasama. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

KPU Kota Jogja Mulai Sosialisasikan Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Perseorangan

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

The Stories Season 4: The Last Chapter Siap Mengudara di Ramadan 2024

Hiburan
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement