UMY Mengimplementasikan Solar Home System di Kelompok Ternak

Rancang Bangung alat monitoring solar home system berbasis IOT pada kelompok ternak kambing PE Marsudi Luhur. - Istimewa
29 Juli 2021 15:57 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Anna Nur Nazilah Chamim, ST., M.Eng., dosen Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Rancang Bangung alat monitoring solar home system berbasis IOT pada kelompok ternak kambing PE Marsudi Luhur.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlangsung di Dusun Mertosutan Sidoluhur Godean Sleman, 23 Juli 2021, dan diikuti 25 orang dari Kelompok Ternak Marsudi Luhur.

“Tujuannya adalah membuat dan mengimplementasikan alat monitoring berbasis IOT pada solar home system yang telah terpasang di lokasi,” kata Anna

Implementasi rancang bangun alat monitoring tegangan, arus, dan intensitas cahaya berbasis internet of things diawali dengan mengidentifikasi spesifikasi Solar Home System yang terdapat di kompleks peternakan kambing Marsudi Luhur Godean Sleman. Hasil identifikasi digunakan sebagai pertimbangan dalam penentuan komponen-komponen pada alat monitoring tersebut. Pemasangan alat monitoring dilakukan dengan menyambungkan ke Solar Home System. Pemasangan alat ini dilakukan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat dengan dibantu oleh mitra.

Alat telah berhasil terpasang dan dapat bekerja sesuai dengan rencana. Pemasangan ini sekaligus merupakan prosesi serah terima alat kepada kelompok ternak Marsudi Luhur. Dengan harapan kerja sama ini dapat dilanjutkan untuk masa yang akan datang.

Ketua Kelompok, Supandi mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan dan kerjasama sehingga terselenggaranya program pengabdian kepada masyarakat di kompleks ternak Marsudi Luhur.  Dalam kesempatan tersebut ketua kelompok juga  berharap kerja sama ini dapat dilanjutkan untuk masa yang akan datang.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diwujudkan dalam implementasi rancang bangun monitoring solar home system berbasis IOT ini berjalan dengan lancar. (ADV)