Advertisement

UMY Dampingi Pengelolaan Zakat Infaq Shadaqah dan Wakaf Masjid Berbasis Teknologi Informasi di Masjid Al-falah

Media Digital
Kamis, 29 Juli 2021 - 11:57 WIB
Budi Cahyana
UMY Dampingi Pengelolaan Zakat Infaq Shadaqah dan Wakaf Masjid Berbasis Teknologi Informasi di Masjid Al-falah Pendampingan Pengelolaan Zakat Infaq Shadaqah dan Wakaf (ZISWAF) Masjid Berbasis Teknologi Informasi di Masjid Al-falah, Perumahan Green Mutiara Java Regency, Guwosari, Pajangan, Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Satria Utama, dosen Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Pendampingan Pengelolaan Zakat Infaq Shadaqah dan Wakaf (ZISWAF) Masjid Berbasis Teknologi Informasi di Masjid Al-falah, Perumahan Green Mutiara Java Regency, Guwosari, Pajangan, Bantul.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlamgsung di Masjid Al Falah, Perum Green Mutiara Java Regency, 17 April 2021 dan diikuti 40 orang.

Advertisement

“Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan Literasi Keuangan Sosial Islam Zakat Infaq Shadaqah, dan Wakaf di kalangan jamaah,” kata Satria Utama.

Materi pendampingan disampaikan Mukhlis Rahmanto., L.C., M.A., (Dosen Prodi Ekonomi Syariah UMY dan Anggota Majelis Tarjid dan Tdjdid PP Muhammadiyah).

Pada kegiatan tersebut, pemateri meberikan pengarahan terkait peran penting melaksanaka Zakat infaq shadaqah dan wakaf, bagaimana mengelola keuangan agar stabil dan barokah dan tetap bisa melaksanakan zakat infaq sadaqah dan wakaf, peran masjid dalam pengelolaan zakat infaq shadaqah, serta transformasi digital pengelolaan zakat infaq shadaqoh diantaranya dengan sudah banyak diterapkannya kotak infaq digital di banyak masjid.

Dalam sambutannya, ketua takmir Masjid Al falah menekankan bahwa kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat karena literasi keuangan sosial (zakat infaq shadaqah dan wakaf) bagi jamaah agar tidak salah niat, tujuan maupun cara dalam berderma secara islami di era digital saat ini.

Jamaah mengharapkan kegiatan-kegiata yang bertujuan untuk peningkatan literasi keuangan sosial islam maupun sistem pengelolaanya (digitalisasi) harus terus diadakan secara rutin dan berkesinambungan. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Dukung Transformasi Digital UMKM, Diskominfo DIY Gelar Pelatihan E-Business

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Film Korea Selatan Terbaru, Jo Jung Suk Tampil sebagai Pilot Cantik

Hiburan
| Rabu, 17 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement