Advertisement

UMY Berdayakan Kader Sebagai Fasilitator Untuk Mencegah Kejadian Diabetes Mellitus

Media Digital
Kamis, 29 Juli 2021 - 09:07 WIB
Budi Cahyana
UMY Berdayakan Kader Sebagai Fasilitator Untuk Mencegah Kejadian Diabetes Mellitus Pemberdayaan Kader Sebagai Fasilitator Untuk Mencegah Kejadian Diabetes Mellitus (Dm) dan Komplikasinya Pada Penyandang Diabetes Mellitus Di Masa Pandemi Covid-19. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—dr.Ika Setyawati, M.Sc., dosen Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Pemberdayaan Kader Sebagai Fasilitator Untuk Mencegah Kejadian Diabetes Mellitus (Dm) dan Komplikasinya Pada Penyandang Diabetes Mellitus Di Masa Pandemi Covid-19.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlangsung di Brajan RT 04 Wonokromo, Pleret, Bantul, dan diikuti 15 Kader Posbindu dan Posyandu.

Advertisement

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kader dan memberikan pelatihan kepada kader sebagai fasilitator untuk mencegah kejadian DM,” kata Ika.

Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka dengan prokes ketat mulai dari pengecekan susu tubuh, cuci tangan, memakai masker, dan tidak makan atau minum saat kegiatan berlangsung.

Kegiatan dimulai dengan pretes kemudian sesi pemaparan materi dan diakhiri sesi postes untuk mengukur keberhasilan kegiatan dan tingkat pengetahuan peserta.

Supiyah sebagai kader posbindu dan posyandu sangat senang sekali dengan kegiatan edukasi ini.

“Kita sebagai kader bisa lebih mengenal lebih jauh tentang penyakit Diabetes mellitus. semoga ilmu yg saya dapat juga kader yg lain bisa bermanfaat. Karena dengan ilmu yang kita dapat maka kita bisa lebih percaya diri dalam melayani dan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya penyakit Diabetes Mellitus. Kami berharap kegiatan ini tetap berlanjut dengan tema yang berbeda,” kata dia.

Kepada Dukuh Brajan mengatakan kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protab pencegahan penyebaran covod-19 dengan sangat baik. Materi yang disampaikan sangat menarik sehingga antusias kader tinggi. Ilmu yang didapat juga diharapkan nanti akan bermanfaat baik untuk kader maupun warga masyarakat Brajan. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement