Advertisement

Dosen UMY Tingkatkan Daya Saing UMKM pada Masa Pandemi

Media Digital
Rabu, 28 Juli 2021 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
Dosen UMY Tingkatkan Daya Saing UMKM pada Masa Pandemi Alien Akmalia., S.E., M.Sc, dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Peningkatan Daya Saing UMKM "J&J Kitchen" Pada Masa Pandemi Covid-19. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Alien Akmalia., S.E., M.Sc, dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Peningkatan Daya Saing UMKM "J&J Kitchen" Pada Masa Pandemi Covid-19.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini berlangsung di Prawirodirjan, Gondomanan,

Advertisement

“Tujuan PKM ini adalah untuk membantu UMKM khususnya J & J Kitcen untuk bisa memperluas pasar dan bertahan di tengah pandemi Covid-19,” kata Alien.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah membuat membuat katalog produk untuk memudahkan calon konsumen memilih menu kue kering yang akan dibelinya. Pengabdi juga mendorong J& J kitchen untuk melakukan inovasi produk dan menambah jenis menu kue kering yang akan dijual, sehingga pilihan menu lebih variatif. J & J kitchen dibantu untuk mendaftarkan di aplikasi online grab food untuk memperluas pasar di masa pandemi Covid-19 dan dibantu melakukan foto produk untuk kepentingan upload di media sosial Instagram, marketpace maupun untuk di tampilkan di katalog produk).

Sebelumnya J & J kitchen sudah punya marketplace, namun belum dikelila dengan baik. melalui kegiatan abdimas ini pemilik dibantu untuk mengelola konten marketplacenya dengan foto-foto produk yang menarik dan menu-menu tambahan yang lebih variatif

J & J Kitchen juga dibantu dibuatkan label yang menarik serta diberikan pelatihan dan pendampingan pencatatan keuangan dengan menggunakan aplikasi.

Kegiatan dilaksanakan secara offline dan online dengan berkoordinasi melalui WA dan telp. Kegiatan secara offline dilakukan dengan prokes ketat.

“Saya sangat berterimakasih kepada tim pengabdian masyarakat  dari UMY. Usaha saya sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Penjualan saya meningkat dibandingkan sebelumnya,” ungkap Rosmawati, pemilik usaha J & J Kitchen

Seluruh rangkaian kegiatan pengabdian telaha berjalan lancar sesuai dengan rencana. Kegiatan yang telah terselenggara meliputi:  Membuat Katalog Produk, Menambah Varian Produk, Pendaftaran ke Aplikasi Grab Food , Foto Produk, Pembuatan Label yang menarik, dan Pencatatan Keuangan. Pemilik Usaha merasa sangat terbantu dengan adanya berbagai program pengabdian dan sudah merasakan dampak pada meningkatnya penjualan dan pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan lebih baik daripada sebelumnya. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Peringatan Hari Kartini 21 April: Youtube Rilis Dokumenter Perempuan Kreator

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement