UMY Berdayakan UMKM Gula Aren Semut berbasis Inovasi Digital Marketing

Peningkatan Pemberdayaan UMKM Gula Aren Semut berbasis Inovasi Digital Marketing dan Inovasi Produk di Dusun Waru X, Desa Banjarsari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. - Istimewa
28 Juli 2021 15:57 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Aqidah Asri Suwarsi, dosen Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Peningkatan Pemberdayaan UMKM Gula Aren Semut berbasis Inovasi Digital Marketing dan Inovasi Produk di Dusun Waru X, Desa Banjarsari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo.

PKM berlangsung di Dusun Waru X Banjarsari Samigaluh Kuloprogo, April – Juni 2021 dan diikuti UMKM Gula semut aren " Aren Sari" serta delapan mitra tambahan

“Tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan potensi mitra UMKM, mengingat Produk Gula Semut Aren memiliki aroma danmafaat yang berbeda dari gula kelapa biasa atau gula putih kristal. Selain itu peminatnya sampai mancanegara, sehingga sangat potensial menjadi salah satu komoditi expor,” kata Aqidah.

Program ini diawali dengan observasi permasalahan mitra, kemudian tidak lanjut permasalahan melalui pengadaan mesin parut rempah dan alat produksi lainnya atas hibah pengabdian masyarakat dari UMY. Program selanjutnya adalah pelaksanaan pelatihan inovasi produk gula aren aneka rasa sehingga ada varian produk gula aren jahe, kencur, temulawak,dan kunyit. pelatihan lanjutannya adalah pelatihan digital marketing melalui marketplace Shopee dan Istagram.

“Program ini sangat membantu UMKM apalagi dengan adanya digital marketing, kami bisa mengenal Shopee dan Instagram sebagai penjual. Mesin dan Peralatan hibah yang diberikan UMY sangat bermanfaat sekali. Kami bisa memproduksi banyak dengan menghemat waktu dan tenaga. biasanya kami produksi memarut dengan parutan tradisional. Kapasitas Produksi setelah adanya mesin parut bisa mencapai 10 kg yang awalnya maksimal 4 kg persekali produksi. pendapatan juga meningkat dari Rp. 400.000  menjadi Rp. 1.000.000 an,” ujar dia. (ADV)