Advertisement

Dosen UMY Bantu Pengembangan Produk dan Re-branding UMKM Terdampak Covid-19

Media Digital
Selasa, 27 Juli 2021 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Dosen UMY Bantu Pengembangan Produk dan Re-branding UMKM Terdampak Covid-19 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui program pengabdian masyarakatnya secara berbasis KKN-PPM yang diketuai oleh Linda Kusumastuti Wardana, S.Pd., M.Sc. mendampingi Lumpia Rebung "Sriwijaya" dalam pengembangan produk dan Re-branding dengan tujuan mengambil pasar yang lebih luas sehingga kinerja keuangan lebih stabil. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Tidak dipungkiri bahwa pandemi Covid 19 berdampak pada hampir ke seluruh sektor, tidak terkecuali bidang ekonomi. Dampak tersebut juga dialami oleh beberapa UMKM, salah satunya adalah Lumpia Rebung “Sriwijaya”. UMKM ini sudah beroperasi kurang lebih selama 10 tahun dengan sistem pesanan. Walaupun sudah cukup lama beroperasi, UMKM ini cenderung tidak ada perkembangan yang signifikan, terlebih di masa pandemi pendapatan berkurang drastis. Terlebih lagi, pemilik tidak mampu membayar uang sewa usaha yang sekaligus menjadi tempat tinggal, sehingga harus berpindah-pindah.

Melihat permasalahan tersebut, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui program pengabdian masyarakatnya secara berbasis KKN-PPM yang diketuai oleh Linda Kusumastuti Wardana, S.Pd., M.Sc. mendampingi Lumpia Rebung “Sriwijaya” dalam pengembangan produk dan re-branding dengan tujuan mengambil pasar yang lebih luas sehingga kinerja keuangan lebih stabil.

Advertisement

“Ada beberapa peluang atau potensi yang bisa dikembangkan untuk Lumpia Rebung Sriwijaya. Karena sudah beroperasi 10 tahun, usaha ini sudah mempunyai pelanggan tetap yang bisa dipertahankan, dan kita juga bisa membantu memperluas jaringan pemasaran dengan cara pengembangan produk. Produk lumpia kini sudah bisa dijual dalam bentuk frozen dengan beberapa pengembangan varian rasa. Apabila disimpan dengan benar bisa bertahan selama 1 bulan,“ jelas Linda.

“Selain itu, tim pengabdian yang bekerja sama dengan mahasiswa UMY juga membantu dalam usaha re-branding logo lumpia agar lebih menarik dan pemugaran tempat usaha yang lebih kekinian yaitu dengan gerobak semi kontainer, serta optimalisasi digital marketing. Pendampingan yang dilaksanakan selama 3 bulan tersebut, mampu meningkatkan omzet penjualan dan pelanggan baru kurang lebih sebanyak 30%,” tutup Linda. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement