UMY Berdayakan PAUD AIKA dalam Pengembangan Bahan Pembelajaran Audio-Visual

Pemberdayaan Pendidikan Usia Dini Aisyiyah Kasihan (PAUD AIKA) dalam Pengembangan Bahan Pembelajaran Audio-Visual dan Manajemennya melalui Optimalisasi Penggunaan Jaringan Internet. - Istimewa
27 Juli 2021 13:57 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Dr. Arif Budi Raharjo, M.Si, dosen Magister Ilmu Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Pemberdayaan Pendidikan Usia Dini Aisyiyah Kasihan (PAUD AIKA) dalam Pengembangan Bahan Pembelajaran Audio-Visual dan Manajemennya melalui Optimalisasi Penggunaan Jaringan Internet.

PKM berlangsung di  PAUD AIKA Komplek Masjid Dakwah Padokan Tirtonirmolo Kasihan, Bantul; 10 April hingga 10 Juni 2021 dan diikuti 8 orang pendidik PAUD AIKA.

“Tujuan kegiatan adalah memberikan pelatihan pembuatan bahan pembelajaran audio-visual (video) yang lebih interaktif dan ber-trademark lembaga dan memberikan pelatihan manajemen pembelajaran berbasis internet,” kata Arif

Program pemberdayaan ini diawali dengan Fokus Grup Discusion (FGD) bersama para guru untuk brainstorming dalam mengidentifikasi permasalah sekaligus untuk merumuskan dan menentukan solusi yang dipandang efektif. Hasil FGD disepakati dilakukan pelatihan-pelatihan dalam pembuatan bahan pembelajaran audio-visual yang lebih menarik dan terdokumentasi secara baik. Pelatihan tersebut pada dasarnya berbentuk workshop sebab para guru tidak hanya diberi pengetahuan tentang aplikasi pembuatan video pembelajaran tetapi juga sekaligus melakukan praktik dengan hasil rekaman bahan pembelajaraan. workshop berjalan dengan lancar dengan pertemuan teori-praktid yang dilakukan dalam 4 kali pertemuan.

Pelatihan atau workshop pembuatan rekaman pembelajaran audio-visual ini dilakukan dengan pengenalan aplikasi editing vedio Filmora. Program pengabdian ini memberikan program tambahan berupa workshop pembuatan trademark sekaligus manajemen pemberkasan file bahan pembelajaran berbentuk vidio. Pelatihan dilanjutkan dengan pendampingan hingga dihasilkan karya audio visual para guru yang lebih menarik dan memiliki trademark sebagai karya PAUD AIKA.

Secara keseluruhan program pemberdayaan ini berjalan lancar dan mendapat antusiasme serta partisipasi optimal dari sasaran program terutama para guru di PAUD AIKA serta para orang tua siswa. Partisipasi aktif ini lebih dibuktikan dengan penerapan secara langsung keterampilan digital ini dengan pembuatan vedio pembelajaran yang lebih menarik yang kebetulan program ini bertepatan dengan periode sekolah dalam membuat bahan pembelajaran audio-visual sebagai mana telah biasa dilakukan

Para guru menyatakan mendapat pengetahuan dan keterampilan baru tentang pembuatan video pembelajaran yang lebih lengkap, mereka menyatakan lebih bersemangat untuk membuat video-video pembelajaran yang lebih menarik. Kepala sekolah menyatakan senang karena disapa dan dimotivasi oleh UMY sebagai lembaga Pendidikan Muhammadiyah yang peduli terhadap lembaga pendidikan Muhammadiyah yang ada di sekitarnya. dan dinyakan juga bahwa pengabdian kali ini sungguh-sungguh dirasakan manfaatnya.

Pihak sekolah berharap pengabdian masyarakat oleh PTM ini terus dilakukan dengan kegiatan lainnya. (ADV)