Advertisement

UMY Beri Penilaian Kinerja Manajemen dan Keuangan Organisasi pada PKU Muhammadiyah Wates

Media Digital
Kamis, 22 Juli 2021 - 22:17 WIB
Budi Cahyana
UMY Beri Penilaian Kinerja Manajemen dan Keuangan Organisasi pada PKU Muhammadiyah Wates Penilaian Kinerja Manajemen dan Keuangan Organisasi pada PKU Muhammadiyah Wates menggunakan Parameter 7s Mc Kensey. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONOPROGO—Tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang meliputi dosen Program Studi Akuntansi FEB yakni Dr. Suryo Pratolo, M.Si., Ak., CA., AAP (Ketua); Ilham Maulana Saud, SE., M.Sc., Ak., CA (Anggota) mengadakan Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) bertema Penilaian Kinerja Manajemen dan Keuangan Organisasi pada PKU Muhammadiyah Wates menggunakan Parameter 7s Mc Kensey.

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) berlangsung di PKU Muhammadiyah Wates; Januari - Juni 2021

Advertisement

Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Muhammadiyah segera melakukan asesmen pada kinerja organisasional PKU Muhammdiyah Wates khususnya aspek kinerja manajemen dan kinerja keuangan dengan menggunakan pendekatan model 7s McKinsey, yaitu strategy, structure, systems, share-values, style, staff dan skills sehingga bisa dirumuskan potensi yang terukur untuk strategi sinergi antar amal usaha muhammadiyah baik PKU Kota maupun amal usaha pendidikan dan amal usaha bisnis yang lain. Hasil PPM Muhammdiyah ini diharapkan dapat memberikan solusi berupa rekomendasi perbaikan terhadap peningkatan kualitas tata kelola manajemen dan tatakelola keuangan PKU Muhammadiyah Wates.

Pelaksanaan pengabdian PKM-Muhammadiyah dalam melakukan penilaian kinerja manajemen dan keuangan PKU Wates telah terlaksana empat kegiatan, yaitu:

  1. Sosialisasi kepada mitra terkait penilaian kinerja manajemen dan keuangan yang akan dilakukan oleh tim pengabdian PKM-Muhammadiyah. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pemahaman tentang bagian-bagian yang menjadi penilaian kinerja manajemen dan keuangan dan serta pemahaman bahwa program pengabdian ini yang dilakukan untuk memberikan masukan-masukan perbaikan demi meningkatkan kinerja PKU Wates.
  2. Pengumpulan data awal berupa kuesioner untuk memperoleh informasi awal terkait kondisi manajemen dan keuangan PKU Wates saat ini dari aspek-aspek 7s McKinsey (strategy, structure, systems, share-values, style, staff dan skillsi) pada bidang keuangan, SDM, pelayanan medis, sarana dan prasarana, humas.
  3. Pengelolaan data awal dengan analisis statistik deskriptif, berdasarkan hasil olah data tersebut didapatkan informasi awal terkait kondisi kinerja manajemen dan kinerja keuanganPKU Nanggulan dari aspek-aspek 7s McKinsey setiap bidang
  4. Wawancara untuk menindaklanjuti hasil data awal yang diperoleh dari kuesioner. Adapun temuan-temuan hasil wawancara yang perlu menjadi perhatian mitra.

Direktur PKU Muhammadiyah Wates bidang non-medis (dr. Eka) sangat mengdukung program ini dan mengharapkan program ini dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi perbaikan sehingga status tipe PKU Muhammadiyah Wates kembali memperoleh tipe rumah sakit.

Pelaksanaan program PKM-Muhammadiyah ini bertujuan untuk mendampingi mitra dalam melakukan penilaian kinerja pada bidang keuangan, SDM, pelayanan medis, sarana dan prasarana, serta public reliation. Hasil penilaian yang telah dilakukan oleh tim akan dijadikan bahan evaluasi bagi mitra untuk meningkatkan tata kelola manajemen sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Adapun hasil penilaian yang telah dilakukan menunjukkan sistem tata kelola manajemen dan keuangan PKU Muhammadiyah Wates perlu ditingkatkan sehingga status tipe bisa menjadi rumah sakit. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Siap-Siap! Ini Jadwal dan Cara Ikut War Tiket Konser Sheila on 7

Hiburan
| Kamis, 18 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement