Advertisement

UMY Dampingi RS PKU Muhammadiyah Nanggulan dalam Penilaian Kinerja

Media Digital
Kamis, 22 Juli 2021 - 21:17 WIB
Budi Cahyana
UMY Dampingi RS PKU Muhammadiyah Nanggulan dalam Penilaian Kinerja Implementasi Model 7s Mckinsey Dalam Pendampingan Asesmen Kinerja Organisasi RS PKU Muhammadiyah Nanggulan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang meliputi dosen Program Studi Akuntansi FEB, yakni  Ilham Maulana Saud, SE., M.Sc., Ak., CA., CRP (Ketua) dan Dr. Suryo Pratolo, M.Si, Ak., CA., AAP (Anggota) mengadakan Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) bertema Implementasi Model 7s Mckinsey Dalam Pendampingan Asesmen Kinerja Organisasi RS PKU Muhammadiyah Nanggulan.

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) berlangsung di PKU Muhammadiyah Nanggulan; Januari - Juni 2021.

Advertisement

“Sasaran utama dari pengabdian ini adalah PKU Muhammadiyah Nanggulan yang diharapkan output dari pengabdian ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Nanggulan,” kata Ilham.

Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Muhammadiyah ini dilakukan untuk melakukan asesmen pada kinerja organisasi RS. PKU Muhammdiyah Nanggulan khususnya aspek kinerja manajemen dan kinerja keuangan dengan menggunakan pendekatan model 7s McKinsey, yaitu strategy, structure, systems, share-values, style, staff dan skills. Hasil PPM Muhammdiyah ini diharapkan dapat memberikan solusi berupa rekomendasi perbaikan terhadap tata kelola manajemen dan tatakelola keuangan RS. PKU Muhammadiyah Nanggulan. Target luaran pada PPM Muhammadiyah ini adalah berupa suatu model best practice tata kelola yang akan diimplementasikan oleh RS. PKU Muhammadiyah Nanggulan sehingga diharapkan dapat meningkatkan status kelas tipe rumah sakit.

Pelaksanaan pengabdian PKM-Muhammadiyah dalam melakukan asesmen kinerja PKU Nanggulan telah terlaksana empat kegiatan, yaitu:

  1. Sosialisasi kepada mitra terkait asesmen kinerja yang akan dilakukan oleh tim pengabdian PKM-Muhammadiyah. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pemahaman tentang aspek-aspek asesmen yang akan dinilai dan serta pemahaman bahwa asesmen yang dilakukan untuk memberikan masukan-masukan perbaikan demi meningkatkan kinerja PKU Nanggulan.
  2. Pengumpulan data awal berupa kuesioner untuk memperoleh informasi awal terkait kondisi PKU Nanggulan saat ini dari aspek-aspek 7s McKinsey (strategy, structure, systems, share-values, style, staff dan skillsi) pada bidang keuangan, SDM, pelayanan medis, sarana dan prasarana, humas.
  3. Pengelolaan data awal dengan analisis statistik deskriptif, berdasarkan hasil olah data tersebut didapatkan informasi awal terkait kondisi PKU Nanggulan dari aspek-aspek 7s McKinsey setiap bidang.
  4. Wawancara dengan manajemen PKU Muhammadiyah Nanggulan untuk menindaklanjuti hasil data awal yang diperoleh dari kuesioner.

Direktur PKU Muhammadiyah Nanggulan sangat mengapresiasi program pengabdian ini karena dapat membantu dalam melakukan penilaian kinerja dan diharapkan hasil program ini dapat memberikan masukan-masukan untuk perbaikan.

Pelaksanaan program PKM-Muhammadiyah ini bertujuan untuk mendampingi mitra dalam melakukan penilaian kinerja pada bidang keuangan, SDM, pelayanan medis, sarana dan prasarana, serta public reliation. Penilaian kinerja pada PKU Muhammadiyah Nanggulan menggunakan pendekatan 7s McKinsey yang terdiri dari aspek strategy, structure, systems, share-values, style, staff dan skills. Hasil penilaian yang telah dilakukan oleh tim akan dijadikan bahan evaluasi bagi mitra untuk meningkatkan tata kelola manajemen sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Adapun hasil penilaian yang telah dilakukan menunjukkan sistem tata kelola manajemen dan keuangan PKU Muhammadiyah Nanggulan perlu ditingkatkan. (ADV)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement