Tim Pengabdian UMY Bantu Pemasaran Online Pupuk Organik MB-45 Depok

Dr. Susanawati, S.P, M.P dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membantu pemasaran online Pupuk Organik MB-45 Depok. - Istimewa
22 Juli 2021 23:17 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Dr. Susanawati, S.P, M.P dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membantu pemasaran  online Pupuk Organik MB-45 Depok.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini berlangsung di Pantai Depok Bantul dan 7 Mei 2021 dan diikuti 26 orang dari Paguyuban Mina Bahari 45.

“tujuan kami adalah meningkatkan  pendapatan Paguyuban Mina Bahari 45 Melalui Pemasaran Online Pupuk Organik MB-45 Depok,” kata Susanawati.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan penyuluhan dan FGD tentang pemasaran online produk secara umum termasuk didalamnya produk pupuk. Nara sumber kegiatan ini adalah Muhammad Arifudin, S.E dari Yogyakarta. Dalam kegiatan tersebut dijelaskan berbagai macam media sosial yang dapat digunakan untuk menjual produk secara online, diantaranya Instagram, Facebook, dan Whatapps.  Setelah itu dilanjutkan dengan persiapan konten untuk bahan upload di media sosial, salah satunya adalah pengambilan foto pupuk organik MB-45 Depok. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena langsung praktek sekaligus pendampingan bagaimana mengambil foto yang bagus. Setelah konten siap, dilanjutkan dengan pembuatan akun di Instagram sebagai media untuk pemasaran online pupuk organik MB-45 Depok. Adapun username dari Instagram tersebut adalah pupukoranikbantul.

Dr. Susanawati, S.P, M.P selaku ketua Tim Pengabdian UMY mengatakan, mitra pengabdian masyarakat dalam hal ini Paguyuban Mina Bahari 45 merasa sangat senang dengan program ini, karena sebagai lanjutan dari kegiatan sebelumnya oleh Tim Pengabdian UMY  tentang pembuatan pupuk organik dari limbah warung kuliner pantai yang diberi nama MB-45 Depok.

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan pemasaran pupuk MB-45 Depok semakin luas, sehingga dapat meningkatkan pendapatan produsen pupuk tersebut yaitu Paguyuban Mina Bahari 45 Depok. (ADV)