Dosen UMY Beri Pelatihan Penulisan Cerita Pendek Ber-Bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta

Pelatihan Penulisan Cerita Pendek Ber-Bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. - Istimewa
22 Juli 2021 18:37 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Arifah Mardiningrum, dosen Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menginisiasi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Pelatihan Penulisan Cerita Pendek Ber-Bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlangsung 25 Maret - 26 April 2021 dan diikuti tujuh siswa-siswi SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta.

“Tujuan kegiatan adalah mendorong prestasi menulis cerita pendek Ber-Bahasa Inggris siswa-siswi Muhammadiyah 8 Yogyakarta dengan memberi pelatihan penulisan yang di akhir program menghasilkan karya tulis yang dikompilasi dalam sebuah buku,” kata Arifah.

Kegiatan dilakukan secara luring dan daring, dan dibagi menjadi tahap pemberian materi dan pendampingan penulisan. Mengingat adanya pandemi Covid-19, kegiatan luring hanya dilakukan dua kali, yaitu di awal pertemuan ketika materi dasar penulisan cerita diberikan, dan di akhir ketika siswa sudah menyelesaikan draft lengkap cerita mereka untuk mengecek kembali dan melihat kendala dan hal-hal yang ingin mereka tanyakan atau sampaikan secara langsung.

Kegiatan daring dilakukan sepanjang proses penulisan. Pemberian materi daring dilakukan dengan pembuatan video. Sedang pendampingan daring dilakukan dengan membagi siswa peserta menjadi empat kelompok yang masing-masing difasilitasi satu mahasiswa. Peran mahasiswa menjadi pendamping penulisan dimana siswa dapat bertanya tentang segala hal terkait penulisan melalui aplikasi WhatsApp. Dosen berperan sebagai pemberi materi dan pemberi umpan balik draft tulisan siswa. Tujuh cerita pendek telah dihasilkan oleh siswa peserta, ditambah tiga tulisan guru SMP Muhammadiyah 8 yang ingin berpartisipasi. Buku akan didaftarkan untuk mendapatkan ISBN.

Kepala SMP Muh 8 YK, Erfin Widyanto, S.IP., berkata, “Pelatihan Menulis Bahasa Inggris dari prodi Bahasa Inggis UMY si sekolah kami, SMP Muhammadiyah 8 YK, sungguh sangat bagus untuk membimbing siswa siswi kami, untuk bisa berlatih baik menulis dan berbicara bahas Inggris dengan baik, terbukti ada siswa kami yang kemudian bisa menjadi juara di berbagai kompetisi bahasa Inggris, baik di tingkat kota, provinsi bahkan di ttingkat diatasnya. Terima kasih bapak ibu pembimbing dari prodi Bahasa Inggris UMY. Great Job!”

Sedangkan guru pendamping, Annafi Annanda Oktaria, M.Pd. berkata, “Alhamdulilah, sekolah sgt terbantu dgn adanya pelatihan menulis Bahasa Inggris ini. Anak - anak jdi punya tempat utk berlatih mengembangkan kemampuan menulis mereka dalam bahasa Inggris.”

Melihat hasil cerita yang ditulis siswa-siswi pelatihan, terlihat mereka dapat memahami dengan jelas konsep dasar penulisan sebuah cerita yang menarik dan kreatis. Dalam waktu sekitar sebulan, mereka berhasil mengeksplorasi kreatifitas mereka dari pengalaman pribadi sehari-hari mereka yang mengindikasikan keberhasilan tujuan pelatihan ini. Namun, sebagai catatan tim pengabdi, siswa-siswi menyatakan masih belum begitu percaya diri dengan kemampuan Bahasa Inggris mereka dan merasa itu hanya dapat meningkat jika pelatihan kebahasaan diperbanyak dan lebih lama. Mereka juga masih sangat bergantung pada alat bantu atau orang lain untuk membantu keakurasian bahasa. Ini akan menjadi catatan bagi tim pengabdi untuk kegiatan ke depan. (ADV)