Advertisement

UMY Dampingi Pembentukan dan Pemberdayaan Takmir Masjid Islamic Center Al-Muqorrobin Sewon  

Media Digital
Senin, 19 Juli 2021 - 11:07 WIB
Budi Cahyana
UMY Dampingi Pembentukan dan Pemberdayaan Takmir Masjid Islamic Center Al-Muqorrobin Sewon   Abdul Halim Muslih, Bupati Bantul (kiri) di Masjid Islamic Center Al-Muqorrobin Sewon. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Tim pengabdian pada masyarakat (KKN PPM) yang terdiri atas 3 (tiga) orang dosen UMY yang diketuai Nasrullah, dengan anggota M. Khaeruddin Hamsin dan Mifatahul Haq telah melakukan Pengabdian pada Masyarakat berupa pendampingan pembentukan dan pemberdayaan Takmir Masjid Islamic Center Al-Muqorrobin Sewon sejak awal Januari 2021 yang lalu.

Masjid yang terletak di Kampung Pringgan, Cepit, Pendowoharjo, Sewon ini adalah masjid yang sedang dalam proses pembangunan di atas  tanah wakaf seluas 750 m² dari Wakif Ibu Tuginem. Proses penentuan lokasi pengabdian ini sangat menyentuh hati tim pengabdi dan para donator pembangunan masjid yang masih berlangsung karena ternyata Wakif adalah seorang pedagang sayur di Pasar Lempuyangan Kota Yogyakarta yang ikhlas mewakafkan tanah pekarangan yang cukup luas dengan harga jual saat ini hampir 1,5 juta/ m² demi memenuhi kebutuhan tempat ibadah dan kegiatan sosial masyarakat dan tempat mengaji anak-anak sekitar. Karena diniatkan sebagai pusat aktivitas kemasyarakatan yang multi fungsi, maka masjid ini dinamakan sebagai Masjid Islamic Center.

Advertisement

Untuk mewujudkan cita-cita wakif tersebut, tentu tidak cukup dengan membantunya membangunkan sebuah fisik masjid yang megah dan nyaman, tanpa dibarengi dengan mempersiapkan sumber daya manusia takmir (pengelola) yang kapabel dan handal. Untuk itulah,  ketua tim pengabdi dibantu oleh M.Khaeruddin Hamsin kepala LPPI/Ketua Takmir Masjid Kampus UMY dan Miftahul Haq Ketua Yayasan Masjid Al-Aman Sidoarum terpanggil untuk mempersiapkan rangkaian kegiatan yang terstruktur dan sistematis dimulai dari mendampingi pembentukan pengurus ketakmiran sampai dengan pendampingan terhadap pengurus takmir yang telah terbentuk dalam melakukan berbagai kegiatan ketakmiran berbekal pengalaman anggota tim dalam memakmurkan 2 (dua) masjid yang sudah menjadi rujukan di DIY.

Nasrullah melaporkan bahwa rangkaian kegiatan yang telah terlaksana selama proses KKN PPM ini diantaranya: 1. Mendampingi pembentukan kepengurusan takmir; 2. Melakukan Pendidikan dan pelatihan Takmir melalui kegiatan “Sinau Ketakmiran” ke Masjid Al-Aman Sidoarum, Masjid Jogokariyan, dan Teras Dakwah pada tanggal 7 Maret 2021; 3. Mendampingi pendaftaran/pengesahan kepengurusan takmir ke KUA Sewon; 4. Mendampingi pendaftaran masjid untuk mendapatkan ID Masjid nasional ke Kantor Kemenag Bantul; 5.Mendampingi permohonan penentuan arah kiblat masjid; 6. Mendampingi Sholat Jamaah Perdana di Masjid ini sekaligus memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada  tanggal 11 Maret 2021; 7. Mendampingi takmir dalam kegiatan Sholat Jum’at Perdana dengan Khatib H.Abdul Halim Muslih, Bupati Bantul pada tanggal 9 April 2021; 8. Melakukan pelatihan Khatib dan Imam untuk para takmir dengan melibatkan juga takmir masjid sekitar pada tanggal 19 dan 23 April 2021; 9. Mendampingi takmir dalam penyelenggaraan PHBI Nuzulul Qur’an dan Sholat Idul Fitri pada tanggal 28 April 2021 dan 13 Mei 2021; 10. Mendampingi inisiasi pengajian Rutin Malam Sabtu Kliwon yang telah dimulai tanggal 28 Mei 2021, namun sementara harus dihentikan oleh takmir untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 yang semakin tinggi; 11. Launching Klub Bulu Tangkis (PB) Al-Muqorrobin pada tanggal 14 Juni 2021.

Mewakili tokoh masyarakat, Ketua RT 07 Kampung Pringgan, Marjono menyatakan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tim KKN PPM UMY yang telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat, khususnya dalam pendampingan pembentukan dan pemberdayaan Takmir masjid baru, Masjid Islamic Center Al-Muqorrobin yang dibangun di wilayahnya atas swadaya masyarakat diatas tanah wakaf salah seoarang warganya dan dukungan para donator/kaum muslimin baik dari Yogyakarta maupun dari luar Yogyakarta. “Semoga menjadi amal jariyah bagi wakif, panitia pembangunan, dan para donator," imbuh Marjono.  Sementara itu, mewakili Takmir, Firdaus dan Erwanto menyampaikan kesan yang mendalam selama mengikuti proses pendampingan dalam menjalankan berbagai kegiatan ketakmiran selama KKN PPM berlangsung. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

UGM Ikut Bantu Diversifikasi Produk Olahan Kakao Nglanggeran

Gunungkidul
| Jum'at, 06 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Audisi Indonesian Idol XIII Kembali Hadir di Yogyakarta, Special Bersama Salma Salsabil

Hiburan
| Kamis, 05 September 2024, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement