Advertisement

Dosen UMY Latih Kemampuan Bahasa Inggris Anak Panti dengan Cara Fun

Media Digital
Sabtu, 17 Juli 2021 - 15:37 WIB
Budi Cahyana
Dosen UMY Latih Kemampuan Bahasa Inggris Anak Panti dengan Cara Fun Implementasi Kecakapan Hidup dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Asrama Yatim Tahfidzul Qur'an Al Alif, Pajangan, Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Margaretha Dharmayanti Harmanto.,S.Pd.,M.Hum, dosen Program Studi Akuntansi FEB Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menginisiasi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Implementasi Kecakapan Hidup dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Asrama Yatim Tahfidzul Qur’an Al Alif, Pajangan, Bantul.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlangsung pada 12 dan 14 Juli 2021 serta diikuti 22 anak didik Panti Asuhan.

Advertisement

“Tujuannya adalah melatih kemampuan Bahasa Inggris para anak didik di panti asuhan,” kata Margaretha.

Kegiatan berupa video learning karena masih masa pandemi. Apabila dilaksanakan secara online, maka yang menajadi kendala di panti asuhan tersebut adalah terbatasnya gawai dan juga sinyal yang kurang memadai.

Video learning ini dipilih agar para peserta didik Panti masih bisa melihat kembali pembelajaran yang diberikan dan juga untuk melatih kemampuan Bahasa Inggris mereka secara mandiri.

Selain belajar menggunakan video pembelajaran yang dibuat oleh Tim PKM UMY ini, para peserta didik di Panti juga diajarkan tentang kecakapan hidup melalui Bahasa Inggris dengan cara yang "fun" yaitu dengan menggambar dengan cat acrylic di atas batu tentang topik yang sudah dipelajari, yaitu tentang hobi dan makanan favorit, kemudian mereka menceritakan hal tersebut melalui media gambar di batu yang sudah mereka buat.

Hal ini akan melatih kecakapan hidup sosial mereka untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Selain itu, mereka juga belajar Bahasa Inggris tentang kegiatan sehari-hari dan tentang proses membuat sesuatu. Terkait dengan kecakapan hidup yang bisa dikaitkan dengan Bahasa Inggris dengan tema proses yaitu kecakapan hidup bekerja dengan melatih kreativitas dengan cara membuat gambar di masker kain menggunakan cat acrylic. Setelah selesai, mereka bisa menceritakan proses yang mereka lakukan ketika menggambar di atas masker tersebut.  Diharapkan, kecakapan hidup ini juga akan mengarahkan mereka pada ranah pengembangan ekonomi kreatif.

Mahendro, selaku pamong panti berkata, "Alhamdulillah menerut saya baik & bagus dgn metode video learning  karena diera digital anak-anak belajar tidak mudah jenuh dan lebih mudah anak memahaminya lewat video learning tersebut sangat membantu anak-anak dalam proses belajar.”

Dari hasil evaluasi, para peserta merasakan manfaat dari pelatihan bahasa Inggris ini. Selain juga mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan lain di luar Bahasa Inggris.

Pembelajaran Bahasa Inggris di masa pendemi harus dikemas sedemikain rupa, sehingga para peserta didik di Panti dengan keterbasan gawai dan juga koneksi internet tetap bisa belajar dengan baik. Pembelajaran dengan video merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan agar mereka dapat tetap belajar dengan "fun". (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Komplotan Spesialis Pengganjal ATM di Gerai Ritel Modern Ditangkap Polresta Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement