Advertisement

PKM UMY Dorong UMKM Al Barik Aktif Kembali di Tengah Pandemi

Media Digital
Kamis, 17 Juni 2021 - 13:27 WIB
Budi Cahyana
PKM UMY Dorong UMKM Al Barik Aktif Kembali di Tengah Pandemi Penguatan Ekonomi UMKM Terkena Dampak Covid 19 pada Keripik Pelepah Pisang "Al- Barik". - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dewi Sekar Kencono, dosen Ilmu Pemerintahan Fisipol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Penguatan Ekonomi UMKM Terkena Dampak Covid 19 pada Keripik Pelepah Pisang "Al- Barik".

Penguatan ekonomi UMKM terkena dampak Covid-19 pada keripik pelepah pisang Al-Barik dilaksanakan di Dukuh Widaran, Sidomulyo, Bambang Lipuro, Ponggok, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, pada 12 Maret 2021.

Advertisement

“Tujuan kegiatan ini adalah memberikan alat potong bahan baku dan bahan produksi serta memberikan penyertaan modal untuk kembali mengaktifkan UMKM Al Barik yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Dewi.

Kegiatan ini terdiri dari 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan monitoring evaluasi. Tahapan persiapan dilaksanakan dengan membuat observasi masalah mitra dan persiapan pelaksanaan pengabdian.

Pada tahapan pelaksanaan, tanggal 12 maret 2021 dimulai dengan memberikan pemahaman secara penyuluhan terkait covid-19 dan menguatkan semangat para ibu-ibu kembali berproduksi demi menopang ekonomi keluarga. Pada saat pelaksanaan pengabdian juga diserahkan bantuan berupa alat produksi dan modal penyerta untuk mendorong kembali beraktivitas produksi umkm tersebut.

Terakhir dari tahapan monitoring dan evaluasi, pada tahapan ini UMKM telah kembali menjalin kerjasama denga reseller untuk memasarkan kembali hasil produksi walaupun dalam skala kecil. Geliat kembali berproduksi semakin membaik, kegiatan produksi sudah berjalan tiga bulan dan perlu dilihat kemajuan produksi dan pemasarasn serta profit untuk menopang keberlangsungan UMKM.

“Program PKM ini sangat baik. terutama untuk mendorong pengaktifan kembali UMKM terdampak pandemi. Selain itu juga membantu menopang kebutuhan ekonomi yang semakin sulit ditengah pandemi. Terimaksih saya ucapkan kepada LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atas pelakanaan PKM semoga menjadi budi baik untuk semua pihak,” ujar Purwanti, Ketua UMKM Keripik Pelepah Pisang Al Barik.(ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Pilkada 2024, KPU Kulonprogo Butuh Minimal 10 Orang PPK Tiap Kapanewon

Kulonprogo
| Rabu, 24 April 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement