Advertisement

UMY Berdayakan Guru TK ABA Tamantirto Melalui Pemanfaatan IT

Media Digital
Rabu, 16 Juni 2021 - 10:37 WIB
Budi Cahyana
UMY Berdayakan Guru TK ABA Tamantirto Melalui Pemanfaatan IT Akif Khilmiyah, dosen Psikologi Pendidikan Islam (PPI) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberdayakan guru TK ABA (IGABA) se-Kelurahan Tamantirto Kasihan Bantul melalui Pelatihan Pemanfaatan IT untuk Pembelajaran Daring. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Akif Khilmiyah, dosen Psikologi Pendidikan Islam (PPI) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberdayakan guru TK ABA (IGABA) se-Kelurahan Tamantirto Kasihan Bantul melalui Pelatihan Pemanfaatan IT untuk Pembelajaran Daring.    

Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) ini berlangsung di Laboratorium Micro Teaching  Program Studi PAI UMY, pada tanggal 13 Maret 2021, dan diikuti 20 guru perwakilan dari 20 TK ABA se Kelurahan Tamantirto Kasihan Bantul.

Advertisement

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan  kemampuan guru TK ABA dalam membuat Media Pembelajaran Daring, agar lebih inovatif dan menarik minat  siswa untuk belajar” ujar Akif.

Kegiatan diawali dengan sosialisasi pengenalan macam-macam media pembelajaran dari yang masih sederhana pembuatan, sampai yang sudah menggunakan animasi dan suara. Kemudian, dilanjutkan dengan bimbingan teknis  cara membuat media pembelajaran dengan menggunakan Handphone sampai cara membuat media melalui internet. Dan di akhir pendampingan diberikan pelatihan cara mengajarkannya dan pembuatan video pembelajaran secara mandiri.  

Menurut Akif, terjadi perubahan kesadaran pada para guru IGABA tentang keharusan merubah pola mengajar dari luring ke daring dengan memiliki kemampuan mandiri untuk membuat media pembelajaran. Hasil dari pelatihan ini 90% guru TK ABA menyatakan senang mendapat pelatihan pembuatan media pembelajaran ini. Bahkan ada 95% peserta yang menghendaki tahun depan diadakan lagi, karena masih banyak guru TK ABA yang belum bisa membuat  media pembelajaran seperti yang dilatihkan ini, karena hasilnya sangat menarik siswa untuk belajar. Dan 85% guru merasa lebih percaya diri dalam mengajar kalau bisa membuat sendiri media pembelajarannya.

“Saya sangat senang bisa mengikuti pelatihan membuat media pembelajaran ini, karena didukung oleh fasilitas laboratorium yang lengkap dan pengajar yang ahli di bidang teknologi pembelajaran.  Harapannya tahun depan diadakan lagi biar semua guru TK ABA dapat meningkatkan kemampuannya dalam membuat media untuk memenuhi mutu pembelajaran daring,” kata Ketua IGABA  Tamantirto Kasihan Bantul, Sukapti, S.Pd. (ADV)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement