Advertisement

UMY Beri Pelatihan Batik Ecoprint dengan Manfaatkan Sampah Daun

Media Digital
Kamis, 03 Juni 2021 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
UMY Beri Pelatihan Batik Ecoprint dengan Manfaatkan Sampah Daun Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Sembung, Purwobinangun, Pakem, Sleman meningkatkan kesadaran kebersihan lingkungan anggota PKK melalui pemanfaatan sampah daun kering untuk motif batik ecoprint. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Sembung, Purwobinangun, Pakem, Sleman meningkatkan kesadaran kebersihan lingkungan anggota PKK melalui pemanfaatan sampah daun kering untuk motif batik ecoprint.

Pengabdian masyarakat yang dibimbing Nanik Prasetyoningsih, dosen Magister Hukum UMY ini melibatkan 10 kader PKK Dusun Sembung.

Advertisement

“Tujuan kami adalah memberikan pelatihan batik ecoprint dengan memanfaatkan sampah daun di sekitar rumah warga,” ujar Nanik.

Pengabdi melakukan diskusi dengan Ketua PKK dan Kader PKK mengenai pemanfaatan sampah daun untuk dipergunakan sebagai materi batik ecoprint.  Pengabdi dengan dibantu oleh Pembatik Profesional memberikan pelatihan batik ecoprint dengan menggunakan sampah daun sebagai motif batik ecoprint.

“Peserta memahami bahwa sampah daun ternyata bisa menjadi bernilai seni apabila sudah ditempelkan ke kain mori sebagai motif batik. Kain batik yang dihasilkan menjadi sangat bagus dan terlihat lebih alami.  Batik ecoprint sangat cocok diajarkan kepada para ibu rumah tangga, mengingat materi dan bahan batiknya sangat murah dan mudah untuk diperoleh, juga nilai ekonomi batik ecoprint juga cukup tinggi (lebih tinggi dari bati cap), serta proses pembuatan batik ecoprint juga ramah lingkungan,” ujar Nanik. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Buka Puasa untuk wilayah Jogja dan Sekitarnya Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement