Advertisement

PKM UMY Dampingi Diversifikasi Produk Tahu Bakso

Media Digital
Kamis, 03 Juni 2021 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
PKM UMY Dampingi Diversifikasi Produk Tahu Bakso Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendampingi diversifikasi produk tahu bakso. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendampingi diversifikasi produk tahu bakso.

Peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam menopang perekonomian bangsa sudah tidak diragukan lagi. UKM menduduki peran yang sangat strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, UKM juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan.

Advertisement

Dalam krisis ekonomi yang disebabkan pandemi covid 19 sekarang ini, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya, sektor UKM terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut. Mengingat pengalaman yang telah dihadapi oleh Indonesia selama krisis, kiranya tidak berlebihan apabila UKM menjadi katub pengaman dalam perekonomian bangsa. Demikian juga usaha tahu bakso “Aremania” yang berlokasi di Desa Banyuroto, Nanggulan, Kulonprogo tidak lepas dari usaha menghadapi krisis yang disebabkan pandemi sekarang ini.

Untuk mengatasi permasalahan itu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si. dosen Fisipol dan Dr. Sri Handari dari Fakultas Ekonomi yang berbentuk pendampingan. Program kerja yang dilakukan antara lain berupa pemasaran berbasis degital marketing dan bantuan peralatan yang bermanfaat untuk menghadapi pandemi. Pada kesempatan wawancara Drajad Kaerudin yang didampingi Erni Siwi Karyanti sebagai pemilik usaha menyatakan kepuasannya, hal ini dikarenakan program yang dilakukan sangat aplikatif dan membantu usaha tahu bakso “Aremania” untuk melakukan diversifikasi produk. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

The Stories Season 4: The Last Chapter Siap Mengudara di Ramadan 2024

Hiburan
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement