Advertisement

KKN UMY Berdayakan UMKM di Tengah Pandemi

Media Digital
Senin, 31 Mei 2021 - 15:42 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Berdayakan UMKM di Tengah Pandemi Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN/PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberdayakan UMKM di tengah pandemi dengan studi kasus LazisMU Panggang, Kalurahan Girisekar.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberdayakan UMKM di tengah pandemi dengan studi kasus LazisMU Panggang, Kalurahan Girisekar.

KKN tersebut dibimbing Dr. Dimas Bagus Wiranatakusuma S.E., M.Ec., CIB.,CRP., dosen Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi UMY.

Advertisement

KKN reguler pada tahun ini berbasis Teknologi Informasi akan tetapi perlu ada pendampingan dan penjelasan yang harus kami berikan kepada pihak LazisMu Kap. Panggang, maka dari itu pendekatan yang kami gunakan yaitu dengan metode secara langsung dan tidak langsung dalam mencapai tujuan program yang mana untuk metode offline dengan turun ke lapangan membantu dalam membina UMKM dan pembagian zakat konsumtif yaitu gerakan jum’at berkah.

Kegiatan dilakukan dalam waktu 2 hari dalam setiap minggu yakni pada hari kamis dan jum’at. Kemudian untuk metode tidak langsung kami melakukan kegiatan secara online melalui WhatsApp, zoom meeting dan youtube. Semua program akan diawali dengan sosialisasi kepada pihak UMKM dan LazisMu Kap. Panggang.

Adapun Program kerja yang dilakukan untuk UMKM beberapa diantaranya adalah pembuatan dan pengelolaan media sosial, pembuatan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), pembuatan desain dan pencetakan label produk, kartu nama usaha dan banner, pembukuan keuangan hasil usaha, penambahan modal, pengisian konten akun media sosial, memfoto produk UMKM, membuat penanda lokasi di google maps, serta pemberian APD berupa Masker dan Hand Wash. Program kerja yang dilakukan untuk Organisasi Masyarakat LazisMu Kapanewon Panggang beberapa diantaranya adalah Penyusunan Road Map Lembaga Zakat, Konsep Pendampingan Mustahiq Produktif & Mustahiq Konsumtif, Admintrasi Manajemen Keuangan untuk Mustahiq Produktif & Mustahiq Konsumtif, Strategi Pengelolaan Dana Zakat yang Efektif, dan Pengelolaan Media Sosial danpengisian konten akun media sosial serta pemberian APD berupa Masker dan Hand Wash dan pemberian voucher kuota internet.

Kegiatan KKN IT berlangsung selama satu bulan 16 Januari 2021 sampai dengan 15

Februari 2021. Selama waktu tersebut peserta KKN mengidentifikasi problematika yang sedang terjadi pada UMKM yang menjadi Mitra KKN kelompok 033. Adapun Program kerja yang telah dilakukan beberapa diantaranya adalah pembuatan dan pengelolaan media sosial, pembuatan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), pembuatan desain dan pencetakan label produk, kartu nama usaha dan banner, pembukuan keuangan hasil usaha, penambahan modal, pengisian konten akun media sosial, memfoto produk UMKM, membuat penanda lokasi di google maps, serta pemberian APD berupa Masker dan Hand Wash. Keseluruhan program kerja berhasil dilaksanakan dengan lancar, dengan rata-rata keberhasilan sekitar 80%. Pandemi Covid-19 mengakibatkan sebagian besar UMKM termasuk Mitra KKN Kelompok 033 mendapatkan dampak yang sangat signifikan dalam penurunan omset penjualan. Kelompok KKN 033 hal tersebut membuat beberapa program kerja guna untuk membantu Mitra mengembalikan omset yang sudah menurun.

Dalam permasalahan tersebut, kelompok KKN 033 melakukan pendampingan dalam pemasaran produk melalui media sosial. Kegiatan pemasaran secara online membuat produk UMKM dapat di jangkau oleh konsumen dari luar daerah domisili UMKM. Kelompok KKN 033 membantu Mitra membuat, mengembangkan dan cara menggunakan sosial media dan e-commerce yang sedang marak digunakan oleh masyarakat di era 4.0 ini. Setelah membuat media pemasaran yang menarik dan mendampingi mitra dalam menggunakan media tersebut diharapkan pemasaran produk pada Mitra KKN menjadi normal kembali dan ramai pembeli. Selain itu, setelah adanya program penambahan modal, mitra UMKM mengetahui bahwa salah satu faktor yang memengaruhi tingkat hasil produksi adalah modal usaha.

Program kerja untuk Organisasi Masyarakat LazisMu Kapanewon Panggang diantaranya yaitu Penyusunan Road Map Lembaga Zakat, Konsep Pendampingan Mustahiq Produktif &

Mustahiq Konsumtif, Manajemen Keuangan untuk Mustahiq Produktif & Mustahiq Konsumtif, Strategi Pengelolaan Dana Zakat yang Efektif, dan Pengelolaan Media Sosial dan pengisian konten

akun media sosial. Sedangkan program bantu yang diberikan diantaranya Pemberian APD berupa Masker dan Hand Wash dan Pemberian voucher kuota internet. Keseluruhan program kerja berhasil dilaksanakan dengan lancar, dengan rata-rata keberhasilan sekitar 80%.

Dengan adanya program penyusunan Road Map, LazisMu. Kap. Pangang dapat membuat road map meskipun masih dalam proses pengerjaan hingga kini dan tercetus gerakan baru yaitu gerakan sedekah subuh LazisMu. Kap. Panggang. Melalui pendampingan mustahiq kosumtif dan produktif, LazisMu. Kap. Panggang memiliki Mustahiq produktif yang nantinya akan menjadi muzakki.

Selanjutnya Program Manajemen keuangan untuk mustahiq konsumtif dan mustahiq

produktif, kini LazisMu Kap.Panggang mengetahui hal – hal untuk mengatur keuangan konvesional maupun melewati aplikasi www.lazis.id. Dengan diberikannya program pengolahan zakat yang efektif kini pengurus LazisMu Kap. Panggang sudah dalam proses dalam pengaturan keuangan zakat yang efektif. Dan yang terakhir pengolahan media sosial dan pengisian konten akun media sosial menjadikan LazisMu Kap.Panggang sudah memiliki akun istagram @lazismu_panggang. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Film Korea Selatan Terbaru, Jo Jung Suk Tampil sebagai Pilot Cantik

Hiburan
| Rabu, 17 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement