Advertisement

PPM-Muhammadiyah UMY Bantu Petugas Rumah Sakit Sajikan Data untuk Akreditasi

Media Digital
Senin, 31 Mei 2021 - 14:27 WIB
Budi Cahyana
PPM-Muhammadiyah UMY Bantu Petugas Rumah Sakit Sajikan Data untuk Akreditasi Pelatihan Visualisasi Bisnis Intelligent: Tableau, dalam mempersiapkan Akreditasi pada RS di Lingkungan Muhammadiyah. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) yang diinisiasi Dr. Elsye Maria Rosa, S.K.M.,M.Kes, dosen Magister Administrasi Rumah Sakit Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), mengusung tema Pelatihan Visualisasi Bisnis Intelligent: Tableau, dalam mempersiapkan Akreditasi pada RS di Lingkungan Muhammadiyah.

PKM ini berlangsung di rumah sakit di lingkungan Muhammadiyah pada 16 April 2021 dan diikuti 65 petugas kesehatan yang melakukan pengolahan data di semua RS PKU Muhammadiyah

Advertisement

“Tujuan pengabdian adalah membantu rumah sakit untuk meningkatan pengetahuan dan ketrampilan pada petugas dalam menyajikan data di rumah sakit dalam rangka persiapan akreditasi,” kata Elsye.

Pengabdian mengenai pelatihan visualisasi bisnis intelligent Tableau dalam mempersiapkan akreditasi pada RS di Lingkungan Muhammadiyah. Pelatihan sudah dilaksanakan pada hari jumat tanggal 16 April 2021 dengan narasumber pengabdi sendiri (Dr. Elsye Maria Rosa, S.K.M., M.Kes) dengan maderator (dr. Ekorini Listiowati), MMR). Pelatihan dilakukan melaluia Via ZOOM dengan diikuti oleh 65 Peserta yang berasal dari RS PKU Muhammadiyah dan Aisyiyah yang terdapat di Provinsi DI. Yogyakarta serta peserta tambahan dari RS di Jakarta.

Mekanisme pelaksanaan pegabdian masyarakat mengenai pelatihan visualisasi bisnis intelligent tableau dalam mempersiapkan akreditasi pada RS di Lingkungan Muhammadiyah ini ada 4 tahapan. Pertama, pendaftaran peserta serta pengisian kuesioner pre pelatihan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan peserta sebelum mengikuti pelatiahan Tableau. Kedua, penjelasan mengenai Tableu seperti apa, kegunaan dan cara mendownload tableau. Ketiga, pelaksanaan pelatihan melalui zoom dengan memberikan pendahuluan mengenai tableau seperti apa dan bagaimana aplikasi ini bisa digunakan di RS. Kemudian belajar mengolah data (data sudah disiapkan oleh tim pengabdi) secara bersama-sama secara interaktif. Keempat, pengisian koesioner post pelatihan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman peserta setelah mengikuti pelatihan ini.

“Pelatihan Visualisasi Bisnis Intelligent: Tableau ini membantu Rumah Sakit untuk meningkatan pengetahuan dan ketrampilan pada petugas dalam menyajikan data di Rumah Sakit, terbukti antusias peserta sangat baik,” ujar Elsye. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement